Apa itu URL dan apa Fungsinya?

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang pengertian URL dan fungsinya. Mungkin diantara kalian ada yang sudah tahu apa pengertian dan fungsi dari URL, namun pasti juga ada beberapa diantara kalian yang familiar dengan istilah URL tapi tidak tahu apa sebenarnya pengertian dari URL dan juga fungsinya.

f 24

Definisi URL

URL yang merupakan singkatan dari “Uniform Resource Locator” adalah serangkaian karakter baik itu dalam bentuk huruf, angka, atau simbol menurut format standar yang sudah ditetapkan.

URL digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu sumber yang berupa dokumen, file ataupun gambar yang terdapat di internet. URL sendiri diciptakan pertama kali pada tahun 1991 oleh Tim Bernes-lee untuk memudahkan pengguna WWW atau World Wide Web buatannya ke pranala yang dituju.

Jika dianalogikan URL itu seperti alamat rumah seseorang. Seperti halnya alamat rumah seseorang yang mempunyai nama atau nomor yang berbeda-beda, URL juga mempunyai nama yang berbeda-beda jadi alamat dalam suatu website tidak boleh sama dengan alamat website lain. Contoh dari alamat URL sendiri adalah http://www.google.com.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa URL adalah alamat sumber yang kita tuju. URL memiliki beberapa bagian penting seperti protokol, Alamat Service, dan Path File.  Yang pertama terlatak pada pada bagian URL adalah Protokol.

Kita harus mengetahui protokol apa yang akan digunakan untuk dapat mengakses ke alamat sumber yang kita tuju. Contoh dari bagian protokol itu sepertihttp://, https://, atau ftp://. Tanpa Protokol yang tepat, tentu kita tidak akan bisa mengakses URL yang kita tuju.

Bagian kedua yang ada pada URL adalah  Alamat Server. Kita tentu juga harus mengetahui alamat server yang menyediakan sumber yang kita inginkan. Contoh dari alamat sever yaitu google.com.

Bagian yang padaURL yaitu Path File atau lokasi file yang kita tuju. Jika kita ingin melihat halaman pada suatu website. Contohnya yaitu http://designspiration.net/popular/page/9/?marker=2532211383593.Yang penulis garis bawahi pada URL tersebut adalah yang disebut dengan Path File.

Fungsi URL

Adapun fungsi dari URL yang pertama adalah untuk pengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat pada Web. Lalu URL juga digunakan untuk memberikan nama dokumen yang terdapat pada web.

Selanjutnya, URL digunakan untuk memberikan alamat pada setiap Web yang berisikan dokumen. Dan yang terakhir fungsi dari URL adalah untuk mempermudah dalam mengakses dokumen atau file melalui dan juga untuk mengingat alamat dokumen yang ada dalam suatu web.

Demikian penjelasan mengenai pengertian URL dan juga fungsinya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *