Apa Penyebabnya Orang Dewasa Masih Ngompol?

Apa Penyebabnya Orang Dewasa Masih Ngompol? – Ngompol identik dengan anak kecil. Namun bila anda yang sudah dewasa tapi masih ngompol, wajarkah hal itu? Ngompol adalah kegiatan sadar atau tidak sadar mengeluarkan urin pada manusia.

Namun apabila masih ngompol pada usia remaja atau bahkan dewasa,berarti anda mengalami toilet training yang gagal. Tidak ngompol merupakan suatu kebiasaan.

Untitled

Kebiasaan ini harus ditanamkan sejak kecil yaitu cepat ke toilet bila sudah kebelet. Ada 2 jenis ngompol pada manusia yaitu :

1). Ngompol / enuresis primer : Ngompol yang sudah  terjadi sejak bayi
2). Ngompol / enuresis sekunder : Ngompol yang kembali terjadi setelah anda menginjak usia dewasa.

Ngompol primer terjadi akibat keterlambatan proses pematangan system syaraf. sehingga otak anda tidak menangkap sinyal yang dikirim secara langsung oleh kandung kemih yang sudah penuh saat anda sudah teertidur. Ada juga yang mengatakan adanya faktor keturunan, dan faktor emosi,dan genetika.

Ngompol perlu mendapat perhatian khusus bila masih terjadi pada usia remaja/dewasa.

Ngompol sekunder terjadi akibat adanya infeksi pada saluran kemih,gangguan pada metabolisme (kencing manis di usia dini), gangguan susunan saraf pada tulang belakang.

Untuk mengobati kasus ngompol sekunder ini, anda harus tahu dulu penyebab yang mendasarinya. Dengan tahu penyebab dasarnya,pengobatan dan pemulihan pun akan berjalan cepat dan maksimal.

Komunikasi antar orangtua dan anak juga sangat dibutuhkan dalam masalah ini. Terkadang anda yang sudah dewasa tapi masih ngompol karena takut ke kamar mandi atau phobia bahkan.

Semua itu adalah pembentukan sugesti dari anda kecil. Karena itu penting sekali bagi anda untuk mengajarkan anak atau adik anda tentang pentingnya toilet training.

Terlalu bergantung dengan penggunaan baby diapers atau pampers juga sangat berpengaruh dengan kebiasaan ngompol. Anak kecil yang sedari kecil telah menggunakan pempers sampai usia 5 tahun,beresiko mengalami kebiasaan ngompol saat dewasa.

Baca Artikel Lainnya :

Hal itu terjadi karena mereka mengalami ketergantungan dan menjadi malas pergi ke kamar mandi.

Itu dia sedikit penjelasan mengapa orang dewasa masih sering ngompol. Bentuklah kebiasaan sejak dini agar tak kebiasaan buruk tak terbawa hingga dewasa. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *