Apa Perbedaan Antara Mengasah dan Menajamkan?

Kali ini kita bukan berbicara tentang tata bahasa, namun menjaga dan merawat peralatan di dapur terutama pisau. Pisau sepertinya menjadi peralatan yang masih dipandang sebelah mata karena harganya tidak seberapa di pasaran.

d 66

Akan tetapi, coba kalau kamu membeli pisau khusus untuk memotong daging atau pisau-pisau baja seperti kepunyaan para chef. Harganya bisa menguras tabungan lho.

Sebagai alat pemotong bahan-bahan makanan, pisau tidak boleh dianggap remeh. Tanpa pisau, bawang merah atau daging tidak bisa diolah menjadi bahan masakan yang sedap dan menggugah selera.

Kerap bahan makanan harus dirajang halus, diiris kasar atau mungkin dipotong dadu untuk mendapatkan kelezatan dan aroma yang sedap. Nah, untuk membuat acara memasak jadi lebih menyenangkan, jangan lupa untuk selalu menajamkan mata pisau.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk membuat mata pisau menjadi lebih tajam yaitu mengasah dan menajamkan. But wait, apa perbedaan antara mengasah dan menajamkan ya? Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini:

Mengasah pisau

Mengasah pisau membutuhkan sebuah alat khusus mirip seperti batu ataupun peralatan khusus untuk menjaga ketajaman mata pisau. Seperti yang sudah diketahui, mata pisau kerap bersentuhan dengan bahan-bahan masakan yang terkadang lengket, sebut saja mentega, sayuran, buah-buahan serta daging.

Bahan yang menempel pada pisau dapat berubah menjadi jamur sekaligus karat pada mata pisau apabila kurang bersih maupun tidak diasah secara teratur.

Menajamkan mata pisau

Oke, sekarang Anda mungkin ingin tahu apa itu menajamkan mata pisau? Meski bertujuan atau berfungsi sama, yaitu membuat mata pisau lebih tajam, namun menajamkan hanya untuk temporary alias sementara saja.

Ketika mata pisau ditajamkan dengan alat khusus seperti tongkat logam, maka mata pisau seketika akan lebih tajam untuk memotong bahan-bahan memasak.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan perbedaan antara mengasah dan menajamkan? Kalau ingin membuat mata pisau tajam dalam waktu singkat dan praktis, alangkah baik apabila Anda memiliki alat khusus untuk menajamkan pisau. Sedangkan, untuk menjaga logam pada mata pisau lebih awet dan jauh dari karat, sebaiknya tetap mengasah mata pisau secara rutin.

Mudah-mudahan informasi tentang perbedaan mengasah dan menajamkan mata pisau ini berguna.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *