Apa Saja Bahan Nabati Sumber Pestisida

Apa Saja Bahan Nabati Sumber Pestisida – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk membunuh atau membasmi hama. Tapi tahukah anda bahwa pestisida bisa dibuat dari bahan-bahan alami yang tumbuh di sekitar kita?

Untitled

Ya, berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sekitar bisa dijadikan bahan untuk membuat pestisida nabati yang alami dan tentunya tidak menimbulkan efek samping seperti halnya pestisida yang terbuat dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Penggunaan pestisida dari bahan nabati selain aman bagi kesehatan dan lingkungan, juga terbilang murah serta mudah untuk membuatnya. Pestisida alami dari bahan nabati juga tidak menyebabkan terjadinya keracunan pada tanaman dan tidak menimbulkan kekebalan hama.

Berikut beberapa jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat pestisida nabati yang alami.

  1. Tembakau

Tahukah anda bahwa tembakau juga termasuk salah satu tanaman yang bisa dibuat sebagai bahan baku untuk membuat pestisida? Tanaman yang kita kenal sebagai bahan baku untuk membuat rokok ini ternyata cukup ampuh untuk mematikan hama yang menyerang tanaman.

Caranya adalah dengan merendam daun dan batang tembakau selama 3 sampai dengan 4 hari. Atau jika ingin proses yang cepat bisa dengan merebus daun dan batang tembakau dengan air selama 15 menit. Setelah itu saring, dan gunakan air rebusan tadi sebagai pestisida alami.

  1. Jenu

Jenu merupakan salah satu jenis tanaman yang mengandung racun. Racun jenu ini dapat digunakan untuk membasmi hama secara cepat. Bagian dari pohon jenu yang bisa digunakan untuk bahan pestisida adalah akar dan kulit pohonnya.

Caranya adalah dengan menumbuk akar atau kulit jenu sampai halus, seletah itu campur dengan sedikit air dan ambil ekstraknya. Ekstrak itulah yang dapat digunakan sebagai pestisida alami. Penggunaanya adalah dengan mencampur ekstrak jenu sebanyak 6 sendok dengan air sebanyak 3 liter.

  1. Kucai

Kucai juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat pestisida. Caranya adalah dengan menyeduh kucai dengan air panas, setelah itu saring. Air hasil seduhan itulah yang dapat digunakan sebagai pestisida alami. Pestisida dari bahan kucai sangat baik digunakan untuk membasmi hama pada tanaman mentimun.

  1. Temu-temuan

Tanaman rimpang temu-temuan seperti kunyit, temu hitam, dan kencur tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia ternyata juga dapat digunakan bahan pestisida alami untuk membunuh berbagai macam hama yang menyerang tumbuhan.

Caranya adalah dengan menumbuk halus bahan-bahan temu-temuan tersebut kemudia dicampur dengan urine atau air kencing sapi dengan perbandingan 1 banding 2. Setelah itu gunakan ramuan tadi untuk memberantas hama dalam bentuk serangga.

Sebenarnya masih banyak jenis tanaman lain yang bisa digunakan untuk bahan pestisida. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *