Apa Saja Ciri-ciri Hamil Muda (Minggu Pertama dan Minggu kedua)

Apa Saja Ciri-ciri hamil Muda (Minggu Pertama dan Minggu kedua) – Ciri-ciri seseorang tengah hamil muda sebenarnya mudah dikenali terutama bagi mereka yang mengenal betul kondisi tubuh mereka.

Dengan mengenal kondisi tubuh sendiri, Anda bisa mengetahui ciri-ciri kehamilan minggu pertama dan minggu kedua dengan mudah.

Untitled

Sebagian orang berpendapat bahwa mengetahui ciri-ciri kehamilan di mana janin masih berusia satu minggu sangatlah penting bagi si ibu dan calon bayi, selain itu untuk mempersiapkan fisik dan mental sang ibu selama masa kehamilan.

Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali mengandung. Persiapan fisik sangatlah penting karena ada kemungkinan kondisi tubuh Anda akan menurun drastis selama Anda mengandung, terutama saat trimester pertama.

Mempelajari ciri-ciri hamil muda bagi Anda, pasangan muda yang baru menikah dan sedang menunggu momongan, bisa membantu Anda menentukan untuk melakukan tes kehamilan baik secara medis atau dengan test pack. Ini akan sedikit mengurangi kekecewaan Anda jika ternyata hasil tes kehamilan Anda negatif.

Pada dasarnya ciri-ciri hamil muda di minggu pertama bisa dilihat secara fisik dan ciri-ciri secara psikologis yang diantaranya perubahan mental sang ibu. Nah, untuk lebih jelasnya tentang ciri-ciri hamil muda minggu pertama, mari simak penjelasannya di bawah ini:

  • Berhentinya menstruasi atau telat haid

Telat datangnya menstruasi bisa dikatakan adalah ciri khas tanda orang hamil. Terbuahinya sel telur dalam rahim menimbulkan telatnya menstruasi.

Siklus haid biasanya menjadi pedoman bagi semua wanita, jika haid datang terlambat kemungkinan besar Anda tengah hamil muda.

  • Morning Sickness/ perasaan mual di pagi hari

Rasa mual adalah hal yang normal dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Umumnya rasa mual dan ingin muntah terjadi setiap pagi dan akan berlangsung sepanjang hari.

Rasa mual tersebut disebabkan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang meningkat dalam aliran darah secara tiba-tiba. Mual di pagi hari ini biasanya mulai dirasakan pada 2-8 minggu setelah pembuahan.

Ada baiknya, segera konsultasikan morning sickness Anda ke dokter, karena biasanya rasa mual itu bisa mengganggu proses kehamilan Anda.

Kenapa bisa mengganggu? Karena rasa mual yang amat sangat bisa menurunkan nafsu makan dan membuat Anda enggan untuk makan walaupun sebenarnya Anda ingin makan. Kondisi seperti itulah yang bisa mengganggu proses kehamilan.

Jika sang ibu tidak makan, lalu nutrisi apa yang didapat si bayi? Bila ibunya tidak mau makan, bagaimana janin di dalam kandungannya bisa berkembang? Nah, maka dari itu, bila rasa mual sudah dirasa mengganggu, segeralah datangi dokter.

  • Perubahan bentuk payudara

Beberapa sumber mengatakan bahwa terjadinya perubahan bentuk pada payudara dikarenakan tubuh sedang memproduksi ASI, sehingga payudara akan terasa lebih penuh dan berat. Selain itu ada hormon progesteron dan esterogen yang juga punya andil menyebabkan payudara membesar.

Saat wanita sedang hamil, payudaranya akan semakin sensitif bahkan saat terkena bra saja, dadanya akan terasa sakit. Puting susu pun terasa gatal dan menggelap karena aktivitas hormon yang memproduksi ASI.

  • Implantation Bleeding atau adanya bercak darah

Yang dimaksud dengan implantation bleeding atau keluarnya bercak darah disebabkan adanya proses implantasi atau menempelnya embrio pada kandungan, biasanya terjadi 6 hingga 12 hari setelah pembuahan.

Bercak darah yang dimaksud seperti saat menstruasi tapi hanya sedikit. Keluarnya bercak darah disertai datangnya rasa kram di perut.

Rasa kram yang datang saat menempelnya janin pada dinding rahim adalah wajar. Anda mungkin akan merasakan kram tersebut hingga trimester kedua.

  • Sering buang air kecil

Bila waktu haid Anda sudah telat, biasanya frekuensi ingin buang air pun meningkat lebih dari sebelumnya.

Janin di dalam rahim yang tumbuh membutuhkan ruang untuk berkembang, menyebabkan kandung kemih tertekan oleh rahim. Sehingga Anda pun akan mudah merasa ingin buang air kecil. Anda akan terus merasakan hal tersebut sejak awal kehamilan hingga masuk ke minggu 12 lalu akan kembali lagi di minggu ke 28.

  • Sering merasa kelelahan

Ciri-ciri hamil muda minggu pertama juga bisa dirasakan saat Anda merasa mudah lelah walau hanya melakukan aktivitas seperti biasanya. Bagi wanita yang mempunyai tekanan darah rendah akan lebih merasa lelah, bahkan bisa berujung pingsan.

Jadi ketika Anda sudah merasakan gejala tersebut, Anda harus sudah merasa curiga bahwa ada janin dalam rahim Anda. Dikhawatirkan bagi yang berdarah rendah akan jatuh atau pingsan sewaktu-waktu dan berakibat buruk pada sang janin. Jangan sampai Anda kehilangan calon bayi tanpa Anda sadari.

Setelah membahas ciri-ciri hamil muda minggu pertama, selanjutnya kita akan sedikit mengulas ciri-cirinya di minggu kedua. Silahkan menyimak.

Ciri-ciri hamil muda minggu kedua tak terlalu jauh berbeda, atau bisa dikatakan sama dengan di ciri-ciri minggu pertama. Ketika wanita tengah hamil dan memasuki minggu kedua, ciri-cirinya bisa dilihat dari:

  • Flek darah

Ciri-ciri hamil muda minggu kedua yang harus Anda perhatikan adalah munculnya flek atau bercak darah yang muncul sebelum jadwal haid Anda tiba.

  • Morning sickness

Sekitar 50% wanita di dunia, mengalami morning sickness di minggu kedua dan kedelapan.

  • Frekuensi buang air kecil meningkat

Pada saat hamil, biasanya frekuensi buang air kecil Anda akan meningkat. Rasa ingin buang air kecil yang dialami oleh wanita hamil merupakan salah satu ciri-ciri hamil muda minggu kedua yang sering dialami.

Tak lain disebabkan janin di rahim semakin membesar dan mengakibatkan tekanan pada kandung kemih, sehingga sirkulasi darah meningkat.

Kandung kemih akan cepat penuh oleh urine maka tak heran wanita hamil akan sering pergi ke kamar mandi. Untuk mencegah dehidrasi, perbanyak minumlah untuk mengganti air yang keluar.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya ciri-ciri hamil muda minggu pertama dan minggu kedua yang tertulis di atas, adalah sifatnya pribadi alias tergantung individunya, tergantung kondisi masing-masing wanita hamil. Karena bahkan ada, wanita hamil yang di masa usia kehamilannya masih muda, ia tidak merasakan atau mengalami gejala apapun.

Baca Artikel Lainnya :

Sebagai tambahan informasi, ciri-ciri hamil muda (minggu pertama dan minggu kedua) juga dapat dilihat dari ciri psikologis, yang lebih mengacu pada perubahan kondisi mental si ibu, yaitu:

  • Gelisah dan stress

Ciri-ciri hamil muda yang bisa Anda rasakan adalah rasa khawatir yang tinggi. Anda pun akan mudah merasa gelisah dan tak jenak. Kegelisahan yang Anda rasakan bisa berujung ke stress. Jika Anda sudah merasa stress kemungkinan Anda merasa depresi pun cukup besar.

Maka dari itu, peranan orang-orang terdekat seperti suami, anggota keluarga yang lain, dan teman sangat penting untuk menjaga kondisi mental Anda lebih stabil dan tenang.

  • Moody

Wanita yang sedang hamil muda, biasanya akan sangat moody dan parahnya gampang tersinggung.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *