Apa Saja Fungsi Vaksinasi Polio? Ini dia Fungsinya

Poliomyelitis atau yang lebih dikenal dengan polio adalah penyakit yang menyerang pada sistem saraf dan mudah menular. Poliodisebabkan oleh virus yaitu enterovirus. Virus polio terdiri dari 3 tipe yaitu tipe 1, tipe 2 dan tipe 3.

Masing masing terdiri dari kapsid yang berbeda beda. Saat ini belum ada obat untuk polio jadi untuk mencegah penyakit polio hanya dengan menggunakan vaksin kepada balita. Fungsi vaksin polio adalah untuk menimbulkan kekebalan untuk penyakit polio.

m 37

Ada 2 tipe vaksin polio yaitu:

1. IPV (Inactivated Polio Vaccine) atau yang lebih dikenal Vaksin Salk

IPV atau vaksin salk ditemukan pada tahun 1955 oleh Dr.Jonas Salk. IPV terdiri dari virus polio yang tidak aktif. IPV diberikan melalui suntikan intramuskular dan perlu diberikan oleh orang lesehatan yang terlatih.

Vaksin tidak aktif ini menghasilkan antibodi dalam darah untuk ketiga jenis polio. Antibodi ini mencegah penyebaran virua ke sistem pusat dan melindungi kelumpuhan. IPV merupakan salah satu vaksin yang aman digunakan dan tidak ada efek samping.

IPV sangat efektif dalam mencegah penyakit lumpuh yang disebabkan oleh ketiga jenis virus polio. IPV tidak dianjurkan untuk digunakan di negara berkembang karena beresiko mengimpor virus polio. Namun karena vaksin IPVtidak menghentikan penyebaran virus vaksin polio iral tetap digunakan

2. OPV (Oral Polio Vaccine)

OPV ditemukan oleh Albert Sabin pada tahun 1961. Nama lain dari vaksin ini adalah vaksin sabin atau Di Indonesia sering digunakan jenis vaksin OPV karena lebih aman daripada jenis vaksi IPV. OPV adalah vaksin hidup yang telah dilemahkan.

Baca Artikel Lainnya :

Vaksin ini diberikan kepada balita dalam bentuk cairan.OPV sangat efektif untuk ketiga jenis virus polio. Ketika vaksin ini digunakan akan ada persaingan antara ketiga virus polio yang menghasilkan sistem kekebalan yang berbeda beda antara satu sama lain. Vaksin ini efektif untuk polio tipe 2.

Itulah fungsi vaksin polio. Sebaiknya Anda memberikan vaksin untuk anak Anda karena saat ini belum ditemukan obat untuk penyakit polio dan baru hanya ditemukan vaksinnya saja

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *