Apa Saja Jenis Isoline dan Juga Fungsinya Bagi Meteorologi?

Mengupas tentang isoline, tidak bisa lepas dari perkembangan pemetaan permukaan bumi. Pada masa lalu, pembuat peta berusaha keras memetakan setiap daerah, sungai, perbatasan area, dan lain-lain dengan mendatangi lokasi tersebut.

e 3

Hal ini benar-benar sulit dan melelahkan. Seiring perkembangan teknologi, kartografi juga turut berkembang pesat dengan menggunakan penginderaan jarak jauh seperti satelit.

Dengan satelit atau pesawat, tidak perlu lagi menyentuh secara fisik atau mendatangi tempat-tempat yang akan dipetakan. Foto udara pertama dimulai pada abad ke-17 oleh para pembuat peta dari Perancis menggunakan balon udara.

  • Isoline untuk perkiraan cuaca, suhu, arah dan kecepatan angin

Isoline sendiri merupakan nilai persamaan garis yang ada di dalam peta. Nah, dalam dunia meteorologi, para ahli memakai isoline untuk menunjukkan perbedaan suhu dengan cepat pada peta.

Daerah di dalam peta yang berwarna merah biasanya adalah daerah bersuhu terpanas, sementara daerah hangat berwarna kuning, dan tempat yang dingin berwarna biru.

  • Isoline untuk mendata populasi penduduk dan permukaan bumi

Tidak hanya cuaca, isoline dapat dipakai para ahli untuk membuat gambaran data-data yang ada di permukaan bumi. Sebagai contoh, populasi penduduk di suatu daerah, ketinggian lokasi, atau ukuran batas suatu daerah.

  • Jenis-jenis isoline

Isoline bisa dikategorikan berdasarkan jenis sesuai dengan kegunaannya.

Adapun jenis-jenis isoline di antaranya:

  • Isoterm: isoline yang mewakili suhu
  • Isohyet: isoline yang menggambarkan curah hujan.
  • Isohypse: isoline yang menggambarkan ketinggian suatu tempat.
  • Isohaline: isoline untuk menjelaskan kadar garam air laut
  • Isobar: isoline untuk menggambarkan tekanan udara
  • Isodapan: isoline untuk menggambarkan ongkos transportasi

Kesimpulannya, isolin adalah semacam simbol-simbol garis yang jika ditarik garis maka akan saling terhubung di atas permukaan bumi. Misalnya, isoline yang digunakan untuk menggambarkan suhu atau isoterm maka akan menghubungkan tempat-tempat yang memiliki suhu sama.

Baca Artikel Lainnya :

Isoline adalah penggambaran simbol yang fleksibel. Dalam arti kata, dapat diubah menjadi bentuk penggambaran permukaan bumi lainnya. Tidak hanya garis, isoline dapat diolah menjadi diagram blok, simbol titik dan sebagainya.

Harapan kami, informasi singkat di atas benar-benar bermanfaat untuk menambah wawasan Anda. Semoga saja.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *