Apa Saja Manfaat Ginseng Untuk Tubuh Kita

Apa Saja Manfaat Ginseng Untuk Tubuh Kita – Siapa yang tak mengenal tanaman ajaib ginseng? Tanaman yang berasal dari negeri tirai bambu China ini terkenal akan manfaat dan khasiatnya bagi tubuh manusia. Konon akar ginseng memiliki sejuta manfaat mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi sampai menaikkan darah rendah.

gingseng

Kemashuran tanaman yang satu ini sudah terkenal sejak lama. Dahulunya ginseng digunakan sebagai ramuan campuran teh herbal di China. Kemudia tersebar sampai ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia dan dijadikan bahan obat tradisional yang mujarab.

Ginseng sendiri mengandung berbagai macam senyawa seperti phytosterols, peptides, saponins, asam lemak, polysaccharides, polyacetylenes, mineral dan vitamin yang semuanya itu diperlukan oleh tubuh untuk bisa tetap sehat.
Berikut adalah beberapa manfaat serta khasiat yang bisa ditemui dari ginseng jika dikomsumsi oleh tubuh.

1. Mengurangi Stres

Tanaman ginseng memiliki salah satu manfaat unggul yakni dapat mengurangi stres. Dengan mengonsumsi ginseng, akan meningkatkan kewaspadaan mental dan dapat merubah mood menjadi lebih baik. Dalam situasi stres, hormon adrenalin akan keluar dan mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan. Ginseng mampu menyeimbangankan hormon adrenalin yang menjadi penyebab masalah kesehatan tersebut.

2. Mengurangi Kelelahan

Selain dapat mengurangi stres, ginseng juga memiliki khasiat dapat mengurangi kelelahan. Ya, kandungan adaptogenik yang terdapat dalam ginsen akan memberikan pengaruh fisiologis dalam diri manusia sehingga dapat mengurangi rasa lelah akibat pekerjaan yang terlalu banyak.

3. Mengobati Diabetes

Bagi para penderita kencing manis atau diabetes, ginseng merupakan salah satu obat herbal yang sangat cocok digunakan, karena kandungan zat yang terdapat dalam tanaman ginseng dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Namun ginseng tidak dianjurkan untuk diminum bersamaan dengan obat penurun gula darah lainnya karena akan menyebabkan kadar gula dalam darah terlalu rendah.

4. Menurunkan Kolesterol

Tanaman ginseng selain baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes, juga baik untuk para penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, ginseng mengandung senyawa ginsenocides yang terbukti ampuh dalam melawan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

5. Mencegah dan Mengobati Kanker

Ginseng juga memiliki manfaat dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker atau tumor. Kandungan ginsenocides yang ada pada ginseng dipercaya mampu menekan pertumbuhan sel-sel yang menyebabkan terjadinya kanker. Jadi ramuan tanaman ginseng sangat efektif dikonsumsi untuk menjauhkan sesorang dari penyakit kanker yang mengancam semua orang.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagi para atlet, ginseng bisa dijadikan suplemen yang sangat berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Ginseng bisa digunakan sebagai alternatif obat yang biasa digunakan oleh para atlet, karena ginseng lebih alami dan tidak menimbulkan efek samping saat dikomsumsi.

7. Merangsang Sistem Kekebalan Syaraf

Zat yang terdapat dalam tanaman ginseng juga mampu merangsang sistem kekebalan tubuh yang ada dalam diri manusia sehingga seseorang tidak mudah sakit dan tetap awet muda.

8. Mengobati Diare

Bagi penderita diare, ginseng juga efektif digunakan untuk menetralisir masalah pada sistem pencernaan yang menyebabkan terjadinya diare.

9. Meningkatkan Nafsu Makan

Mengonsumsi ginseng secara teratur juga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini sangat cocok dilakukan bagi seseorang yang ingin meningkatkan berat badan.

10. Mengatasi Masalah Pernafasan

Manfaat lain yang bisa didapat jika mengonsumsi ginseng adalah menghindarkan sesorang dari berbagai macam masalah pernafasan seperti asma dan sesak nafas. Bagi para penderita asma, ramuan ginseng dapat dikonsumsi secara rutin untuk mengobatinya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *