Apa Saja Penyebab Terjadinya Infeksi Saluran Kemih Pada Ibu Hamil

Setiap tahunnya, ada sekitar 15% wanita yang mengalami infeksi ini. Infeksi Saluran Kemih (ISK) memang seringkali dialami oleh ibu hamil ketika usia kandungannya mencapai 6-24 minggu.

Infeksi ini terbilang cukup berbahaya bagi seorang ibu hamil karena selain dapat menyebabkan kelahiran premature, juga dapat mengakibatkan keguguran. Seseorang yang mengalami ISK akan ditandai dengan gejala seperti:

s 80

  1. Buang air kecil tidak lancar dan urin yang keluar sedikit
  2. Urin berwarna kuning kecokelatan/pekat dan berbau tidak sedap
  3. Frekuensi buang air kecil meningkat
  4. Saat buang air kecil terasa sakit atau panas
  5. Bagian perut bawah sakit
  6. Demam, berkeringat, dan menggigil
  7. Ada darah/lendir dalam urin

Adapun penyebab terjadinya ISK pada ibu hamil antara lain:

  1. Perubahan hormonal

Adanya perubahan hormonal dan mekanis yang cukup signifikan ketika kehamilan menyebabkan urin menjadi tertahan di saluran kencing. Apalagi dengan semakin membesarnya rahim, otot polos di saluran kencing pun menjadi lebih kendur.

  1. Escherecia coli

Bakteri ini merupakan penyebab ISK terbesar, yaitu 80-90% kasus ISK pada ibu hamil. Ketika buang air besar, bakteri ini dapat berkembang biak dan menjalar ke saluran kencing hingga ke kandung kemih.

Maka dari itu, untuk terhindar dari infeksi bakteri ini dapat dilakukan dengan sering mengganti pakaian dalam.

  1. Kurang minum

Kurangnya minum dapat menjadi pemicu ISK pada ibu hamil karena kandung kemih akan kering dan bakteri akan semakin banyak bersarang.

  1. Menahan buang air kecil

Ketika seorang ibu hamil menahan untuk buang air kecil, maka kandung kemih akan mulai membesar, sedangkan di atasnya terdapat rahim sehingga kandung kemih akan tertekan dan menghambat urin yang kemudian menyebabkan infeksi.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Keputihan

Ketika hamil, hormone estrogen akan meningkat sehingga akan memunculkan keputihan. Ketika keputihan, organ kewanitaan akan lebih lembab sehingga bakteri dan jamur dapat dengan mudah berkembang, termasuk dengan bakteri yang akan menyebabkan Infeksi Saluran Kemih.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *