Apa saja Penyebab Terjadinya Kram?

Apa saja Penyebab Terjadinya Kram? – Apa Anda pernah atau sering terbangun dari tidur di saat malam hari akibat dari kaki Anda yang tiba-tiba mengalami kram? Ternyata hal ini juga sering dirasakan dan di keluhkan banyak orang.

Untitled

Biasanya rasa sakit ini hanya Anda rasakan pada sebelah kaki saja, dimana kaki Anda akan terasa sangit kaku dan otot serasa ditarik. Tentu rasa sakit ini akan mengganggu kenyenyakan tidur Anda dan membuat tidak nyaman. Bila Anda mengalami hal semacam ini jangan meremehkan dan mengabaikannya.

Sebenarnya apa sih penyebab datangnya kram yang tiba-tiba?

Artikel kali ini akan mengulas mengenai apa saja penyebab terjadinya kram yang perlu Anda waspadai.

  1. Sirkulasi darah tersumbat

Salah stau penyebab dari kram adalah adanya sirkulasi darah yang tersumbat. Terutama pada area kaki yang tidak mendapatkan sirkulasi darah dengan lancar sehingga menjadikan oksigen juga tidak dapat mengalir pada area tersebut. Akibat dari jumlah pasokan darah yang kurang inilah maka tiba-tiba kram terjadi begitu saja.

Bila Anda mengalami hal ini yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan peregangan. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengompres kaki Anda dengan menggunakan air hangat atau bisa juga dengan memberikan minyak hangat dan menambahkan pijatan lembut hingga peredaran Anda kembali lancar.

  1. Kehamilan

Selain itu penyebab lainnya dari kram yang sering terjadi adalah akibat adanya kehamilan. Hal ini dikarenakan pada saat hamil tubuh mengalami kekurangan kalsium dan magnesium. Pada masa kehamilan banyak pula asupan nutrisi yang harus ditambah. Untuk itulah pada saat masa kehamilan Anda harus selalu meperhatikan kebutuhan asupan makanan Anda.

  1. Dehidrasi berlebih

Tidak hanya itu saja, tenryata kram yang sering Anda alami juga bisa terjadi karena Anda mengalami dehidrasi berlebih. Umumnya hal ini bisa terjadi karena tubuh kurang memperoleh asupan mineral. Sehingga peredaran darah juga menjadi kurang lancar.

Hal ini pada akhirnya juga mempengaruhi keadaan sistem syaraf dan menjadikan kaki Anda mengalami kram. Pastikan setiap hari Anda mengonsumsi air putih yang cukup kurang lebih 1-2 liter setiap harinya.

  1. Mengalami cedera otot

Bila Anda mengalami aktivitas yang padat dan terlalu lelah maka ANda bis ajuga mengalami cedera otot yang akan menngakibatkan otot Anda tegang. Ketegangan otot ini juga menjadi penyebab Anda mengalami kram tiba-tiba di malam hari pada saat Anda tidur.

Baca Artikel Lainnya :

Bila sudah seperti ini yang pelru Anda lakukan adalah merawat terlebih dahulu cedera otot Anda dengan mengoleskan minyak dan memperbanyak istirahat. Sehingga kram tidak akan lagi datang mengganggu kenyamanan tidur Anda.

Itulah beberapa penyebab terjadinya kram yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *