Apa Saja Peranan Mineral Kalsium Bagi Tubuh?

Apa Saja Peranan Mineral Kalsium Bagi Tubuh – Tubuh manusia memerlukan banyak nutrisi baik vitamin maupun mineral. Nutrisi- nutrisi tersebut memiliki peranan masing- masing yang mampu menjaga tubuh agar tetap sehat.

Untitled

Apabila kita memiliki tubuh yang sehat maka kita akan bebas melakukan beragam aktivitas dan pekerjaan sehingga semua dapat terselesaikan dengan baik. Nutrisi yang mungkin sering kita dengar peranannya adalah vitamin yang banyak terkandung dalam buah- buahan.

Sedangkan untuk mineral sendiri jarang kita perhatikan. Salah satunya ialah kalsium. Kalsium merupakan jenis mineral yang tergolong kelompok kapur. Selama ini kalsium tersebut lebih dikenal sebagai nutrisi yang hanya baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Namun sebenarnya kalsium memiliki peranan lain yang baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa fungsi kalsium tersebut ialah sebagai pencegah terjadinya penyakit jantung, sebagai pembakar lemak sehingga kalsium ini sangat cocok dan baik bagi orang- orang yang sedang menjalani program diet, kalsium sebagai pencegah kanker, kalsium sebagai mencegah terjadinya osteoporosis, dan juga kalsium ternyata dapat berkhasiat untuk meredakan nyeri haid.

Dalam mengkonsumsi kalsium sebaiknya dalam jumlah dan kadar yang seimbang agar penyerapan mineral lain yang diperlukan oleh tubuh tidak terganggu penyerapannya. Tubuh yang terlalu banyak kandungan kalsium maka tubuh tersebut akan berkurang dalam penyerapan zat besi dan zink. Sadangkan zat besi dan zink tersebut berkhasiat dalam pembentukan sel- sel darah merah sehingga terhindar dari penyakit anemia.

Selain itu mengkonsumsi kalsium secara berlebih juga dapat menyebabkan terjadinya penimbunan kalsium pada pembuluh darah yang dapat menghambat sirkulasi oksigen dari darah keseluruh tubuh. sedangkan apabila tubuh kekurangan kalsium maka akan berdampak pada timbulnya rasa nyeri pada otot, menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit, dan yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat ialah terjadinya pengeroposan tulang atau yang disebut juga penyakit osteoporosis.

Begitu banyak manfaat dan khasiat kalsium bagi tubuh kita. Sebenarnya kalsium tersebut dapat dengan mudah kita dapatkan yaitu pada makanan atau minum yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari- hari. Sama seperti protein, kalsium tersebut juga terdabagi menjadi dua kelompok yaitu kalsium nebati dan kalsium hewani.

Baca : Pengertian Kalium, Fungsi, kebutuhan, Defesiensi dan Tanda – Tanda Oksitas Kalium Pada Ternak

Sumber makanan yang mengandung kalsium nabati dapat kita jumpai pada kacang- kacangan, sereal atau gandum, sayuran hijau, tahu, tempe, brokoli, susu kedelai, buah papaya, kismis, dan masih banyak lainnya. Sedangkan makanan yang sebagai sumber kalsium hewani meliputi susu sapi, keju, yoghurt, daging sapi atau ayam, udang, kepiting, dan kuning telur.

Semua makanan-makanan tersebut sangat mudah kita temukan dan tentunya bernilai ekonomis. Meski makanan- makanan tersebut bernilai ekonomis namun, manfaat yang nantinya akan kita dapatkan sungguh sangat bermanfaat bukan? Oleh karena itu mari kita penuhi asumsi nutrisi kalsium tersebut agar tubuh kita tetap sehat.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *