Apa Saja Struktur Lapisan Bumi?

Menjejakkan kaki di planet bumi mungkin membuat beberapa orang jadi penasaran seperti apa lapisan-lapisan yang membentuk bagian dalam bumi. Menurut beberapa studi yang dilakukan para ahli, bagian dalam bumi dipecah dalam 3 bagian utama. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari satu per satu lapisan bumi berikut ini:

a 60

Inti Bumi

Lapisan pertama adalah inti bumi. Inti bumi ada yang berbentuk padat juga cair. Meski berbeda, ada beberapa kesamaan di antara lapisan ini di antaranya adalah unsur logam seperti besi sebagai sifat inti bumi yang menimbulkan medan magnet. Tak hanya itu, unsur besi dan nikel juga terdapat dalam inti bumi hingga 8%.

Material inti bumi yang berlimpah logam padat membuat inti bumi di bagian dalam memiliki suhu sama dengan tekanan titik lebur besi. Dengan kata lain, suhu di dalam inti bumi sangat panas hingga bisa mencairkan besi.

Mantel

Lapisan kedua merupakan mantel bumi yang menyelimuti bagian luar ke arah inti bumi seperti mantel. Bahan-bahan pembentuk mantel di antaranya bebatuan cair yang mengandung silikat dan oksida. Gambarannya seperti magma gunung berapi.

Tentu saja, untuk membentuk mantel ini dibutuhkan waktu hingga ratusan juta tahun yang lalu. Salah satu studi yang dilakukan para ahli geologi juga menyebutkan jika lapisan mantel bumi banyak mengandung zat olivin. Zat ini terbentuk dari berbagai mineral, sebut saja besi, mangan, silikon dan oksigen, serupa bahan meteorit.

Kerak Bumi (Crust)

Dikutip dari Wikipedia, lapisan kerak bumi atau yang lebih dikenal sebagai litosfer, memiliki dua bagian yang penting. Bagian ini di antaranya kerak samudra dan kerak benua. Pada dasarnya, kedua kerak terbuat dari bebatuan mineral.

Baca Artikel Lainnya :

Namun, penyusun kerak samudra lebih didominasi batuan basalt, sementara kerak benua terbuat dari bahan utama, granit. Kerak bumi memiliki ketebalan lapisan berukuran sekitar 80 km. Setelah diteliti lebih jauh, unsur-unsur mineral yang membentuk kerak bumi sangat beragam.

Contohnya aluminium, besi, kalsium, natrium, kalium dan magnesium. Sementara bahan-bahan pendukung lainnya seperti oksigen dan silikon.

Itulah beberapa lapisan bumi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi yang kami berikan berguna.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *