Apa Saja Tanda-Tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Apa Saja Tanda-Tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan – Ibu hamil sekarang sudah memasuki tahap trimester akhir.

Momen krusial tersebut perlu persiapan supaya sang buah hati bisa lahir dengan selamat. Kesehatan tubuh dan mental ibu harus terjaga sebelum melakukan persalinan.

janin

Begitu juga dengan perlengkapan yang dibutuhkan harus sudah siap. Jika kedua hal tersebut sudah terpenuhi, anda ternyata juga harus memperhatikan tanda – tanda gerakan janin menjelang persalinan.

Pada saat ibu hamil sudah mendekati proses persalinan, bayi yang anda dalam janin akan memberikan gerakan – gerakan yang bisa dirasakan oleh ibu.

Gerakan tersebut bisa menjadi tanda bahwa bayi akan segera lahir. Biasanya persalinan akan ditemui pada minggu ke 39 hingga 41.

Disinilah gerakan bayi akan terasa siginifikan, menandakan bayi tetap hidup dan kelahiran semakin dekat. Anda harus mengetahui apa saja tanda – tanda gerakan janin menjelang persalinan.

Usia 36 minggu

Janin yang ada dalam rahim sudah memiliki ukuran dan kematangan untuk lahir. Pada usia ini, janin sudah memiliki hati, paru – paru, dan ginjal.

Hati yang terbentuk telah menghasilkan kotoran. Pada usia ini anda sudah memasuki minggu – minggu terakhir sebelum persalinan.

Usia 37 minggu

Pada usia ini, bayi yang berada di dalam kandungan akan mengubah posisi ke arah jalan persalinan.

Bayi akan mulai turun ke panggul dan kepala bayi menghadap jalan lahir. Pada tahap ini, lapisan bulu halus akan mengalami kerontokan dan vernik caseosa yang melindugi bayi dalam rahim akan menghilang.

Kedua hal tersebut telah ditelan oleh bayi yang kemudia berdampak pada buang air besar pertama bayi yang berwarna kehitaman.

Usia 38 minggu

Kontraksi akan lebih terasa pada usia ini. Simpanan lemak akan bertambah agar kondisi suhu bayi tetap terjaga saat lahir.

Usia 39 minggu

Pada tahap ini, cairan amnion akan berubah warna menjadi sedikit keruh. Posisi janin sudah siap mengarah ke jalur kelahiran.

Usia 40 minggu

Bayi dalam kandungan akan menghasilkan hormon kortison. Hormon tersebut berasal dari kelenjar adrenal.

Hormon ini juga bermanfaat untuk mematangkan paru – paru serta mempersiapkan oksigen pertama yang akan dihirupnya.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa tanda – tanda yang bisa anda kenali. Patutnya anda selalu memperhatikan supaya penanganan dapat segera dilakukan jika sudah memasuki tahap persalinan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *