Apa Saja Tujuan Dari Pembangunan Berkelanjutan

Apa Saja Tujuan Dari Pembangunan Berkelanjutan – Saat ini, tantangan yang dihadapi oleh manusia akan semakin besar. Tidak hanya dalam satu Negara tetapi hampir di seluruh belahan bumi manapun. Adanya isu pemanasan global, isu perdagangan bebas, bahkan teknologi yang semakin berkembang pun dapat menjadi tantangan manusia saat ini. Karena teknologi memiliki dua sisi sepert pedang. Maka sebuah konsep bertahan harus dimiliki oleh manusia, begitu juga Negara sebagai tempat manusia ini bernaung. Hingga muncullah konsep pembangunan berkelanjutan. Kemudian apa saja tujuan pembangunan berkelanjutan yang akan kita bahas pada tulisan ini.

Untitled

Secara filosofis pembangunan berkelanjutan memiliki makna saling menghormati dan menghargai. Artinya pembangunan berkelanjutan diarahkan untuk tetap memperhatikan kebutuhan generasi yang akan datang ketika saat ini kita memanfaatkan alam. Hal ini menjadi rambu-rambu bagi manusia agar tetap menjaga keseimbangan alam. Karena dalam konsep pembangunan berkelanjutan ini manusia sudah menyadari adanya kebutuhan dan keterbatasan yang berbanding lurus. Semakin manusia membutuhkan alam, maka keterbatasan akan semakin besar. Lalu dalam konsep ini apa saja tujuan pembangunan berkelanjutan? Yaitu:

  1. Untuk memberikan keadilan pembangunan yang merata kepada seluruh masyarakat, baik pada generasi sekarang pada generasi yang akan datang. Karena prinsip dasar yang dianut adalah memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa harus mengorbankan kebutuhan generasi selanjutnya.
  2. Untuk menyeimbangkan antara 3 komponen lingkungan, social dan ekonomi. Artinya untuk mencapai pembangunan yang diinginkan, tidak boleh mengorbankan salah satu komponen tersebut. Semua harus berjalan beriringan.
  3. Yang terakhir adalah apa saja tujuan pembangunan berkelanjutan yang disebutkan tersebut menitikberatkan pada kualitas, sehingga hasil pembangunan akan tampak nyata.

Setelah mengetahui apa saja tujuan pembangunan berkelanjutan, selanjtunya adalah bagaimana kita dapat mencapainya. Maka beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan ini adalah:

  • Meningkatkan kesadaran akan pentingnya dukungan lingkungan akan keberlangsungan hidup ke depan. Selain kesadaran untuk menjadi tidak egois dan memperhatikan generasi penerus kita.
  • Adanya sinergi atau kebersamaan dalam melaksanakan pembangunan.
  • Hendaknya strategi pembangunan yang dikembangkan bersifat destruktif/membangun.
  • Regulasi yang jelas.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *