Apa Saja Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Persalinan?

Apa Saja Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Persalinan? – Proses persalinan adalah hal yang tidak dapat dihindari saat ibu sedang hamil. Untuk pasangan suami dan istri, proses tersebut merupakan salah satu momen yang paling ditunggu.

Menunggu buah hati lahir ke dunia adalah anugerah yang tidak ada duanya. Proses persalinan tentunya perlu disiapkan sematang mungkin supaya tidak ada halangan saat menyambut buah hati. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum ibu melewati proses persalinan.

Untitled

Mencari dokter dan tempat untuk bersalin

Saat Anda sudah terdiagnosa hamil, Anda perlu mencari dokter yang cocok sebagai panutan untuk melalui proses persalinan.

Dokter yang cocok akan sangat baik untuk kondisi psikis ibu yang sedang hamil. Hal ini juga dapat menghindari ibu dari stres karena tidak baik untuk kesehatan janin.

Tentunya anda akan mendapat dokter di tempat bersalinnya. Untuk itu pilihlah rumah sakit yang sekiranya memiliki fasilitas yang lengkap serta kenyamanan yang pas buat ibu.

Sesuaikan dengna budget yang anda punya agar tidak membebani ekonomi keluarga. Paling terpenting adalah pilihlah rumah sakit yang sekiranya tidak jauh dari tempat tinggal anda.

Siapkan perlengkapan untuk ibu

Menyiapkan perlengkapan sebelum ibu menjalani proses persalinan sangat penting. Setelah kandungan memasuki usia 7 bulan, mulailah untuk menyiapkan perlengkapan tersebut.

Carilah tas untuk ibu dan si bayi supaya siap untuk menyambut kedatangan anggota keluarga baru. Dalam isi tas ibu, siapkan Breast pad, bra menyusui, pakaian dalam, pembalut khusus setelah proses melahirkan, make up, keperluan mandi, baju yang cocok saat bersalin, dan korset.

Untuk isi tas bayi, siapkan popok 2 lusin, celana, baju, dan selimut bayi. Biasanya rumah sakit sudah menyiapkan, tetapi membawa beberapa cadangan juga diperlukan.

Pilih proses persalinan

Memilih proses persalinan adalah hal penting yang harus dilakukan selanjutnya. Ada 3 proses persalinan yang bisa ibu gunakan yaitu persalinan normal, persalinan operasi Caesar, dan yang terbaru adalah Water Birth. Ketiga proses tersebut perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tepat.

Persalinan normal adalah proses melahirkan melalui vagina. Kontraksi yang terjadi saat melahirkan menimbulkan rasa sakit pada ibu.

Banyak ibu yang memilih proses persalinan tersebut karena tidak akan meninggalkan bekas luka jika proses bersalin melalui operasi Caesar. Kemudian kondisi fisik ibu harus kuat untuk melalui proses persalinan normal.

Kemudian operasi Caesar, adalah proses bersalin dengan pembedahan dari perut hingga rahim untuk mengeluarkan bayi.

Caesar biasanya dilakukan pada ibu yang mempunyai kondisi fisik yang kurang mampu untuk melakukan proses persalinan normal atau bayi berukuran besar.

Biasanya akan meninggalkan bekas luka pada perut, tetapi tidak akan merasakan rasa sakit saat melahirkan.

Water Birth adalah metode persalinan yang baru – baru ini sering diperbincangkan. Caranya ibu yang akan segera melahirkan direndam di dalam kolam kecil yang berisikan air hangat. Bayi tetap keluar melalui vagina tetapi prosesnya terjadi di dalam air.

Baca Artikel Lainnya :

Para peneliti menemukan jika rasa sakit saat kontraksi akan berkurang dan membantu meningkatkan aliran darah ke rahim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *