Apa Sebenarnya Penyakit dari Virus Zika

Apa sebenarnya penyakit dari virus zika ?. virus zika adaalh virus yang disebabkan oleh nyamuk aedes albopictus atau biasa dikenal dengan nyamuk macan asia yang berasal dari asia dan afrika. Dan memiliki kesamaan sifat dengan nyamuk aedes aegypti.

g 12

Mereka sama sama beraksi pada siang hari, begitu pula dengan cara penularannya. Dimana nymuk yamuk yang tidak berpotensi memiliki virus tersebut, ketika nyamuk tersebut menggigit orang yang terjangkit virus zikas kemudian dia berpindah dan menggigit orang lain maka nyamk yang semula tdak berpotensi memiliki virus menjadi lebih berpotensi untuk menularkan penyakit tesebut.

Bahkan gejal gejalanya juga sama. Hanya saja jika pada gigitan nyamuk aedes aegyti korban akan demam tinggi, sedanggak nyamuk aedes albopictus demam tidak terlalu tinggi dan tinggi maksimal hanya mencapai 38 derajat celcius.

Kemudian pada kulit akan muncul membentuk ruam yang berwarna merah kecoklatan dan raman tersebut bias melebar, serta muncul rasa nyeri dipersendian diikuti dengan membengkaknya bagpersendian danjuga pusing.

Menurut data WHO di Asia Tenggara virus ini pertama kali ditemukan pada permulaan juni 2015. Sedangkan awal mula virus tersebut ditemukan pada kera yang terkena penyakit demam dikawasan hutan zika Uganda pada tahun 1947,  kemudian diberinama virus zika.

Dan pada tahun 1950 virus ini baru diketauhu mulai menjakit serta menginfeksi tubuh manusia terutama didaerah asia afrika. Dan di Indonesia telah dilaporka bahwa salah seorang pasien di daerah Jambisudah positif terjangkit virus tersebut.

Virus zika merupakan virus yang juga menyerang anka-anak sehingga membuat sebagian pola pada wajah berubah dengan drastisdan dapat meyebapkan cacat permanen jika tidak segera diatasi.

Baca Artikel Lainnya :

Mengingat penyebaran virus ini yang semakin meluas, dan tingkat kehamilan di Iendonesiayang sangat tinggi. Kita harus lebih waspada terhadap penyebaran virus zika tersebut dan melakukan pencegahan sejakdini dengan cara selalu menjaga kebersihan, terutama tempat-tempat yang menjadi kesukaan paranyamuk.

Karena virus ini dapat menular sangat cepat dari manusia yang satu keyang lainnya, melalui nyamuk sebagai media perantaranya. Itu lah tadi sekilas tentang apa sebenarnya  penyakt virus zika.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *