Apa Sih APEC?

Mas Joko    July 24, 2019    No Comments on Apa Sih APEC?

Apa Sih APEC? – Layaknya organisasi ASEAN dan kumpulan organisasi kenegaraan lainnya, APEC juga memiliki landasan yang sama.

Apa Sih APEC?

Apa Sih APEC?

Pengertian APEC atau Asian Pasific Economic Coorporation adalah organisasi yang bergerak di bidang ekonomi dengan melibatkan negara-negara yang berada di lingkaran Asia Pasifik.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1989 yang dihadiri oleh para menteri. Pertemuan pertama diselenggarakan di Canberra, Australia.

Lalu, apa sih APEC secara jelas dan fungsinya?

  1. Tujuan Berdirinya APEC

Berdirinya APEC diinisiasi oleh Bob Hawke dan diketuai oleh Gareth Evans yang merupakan Mentri Luar Negeri Australia pada masa itu. APEC didirikan dengan tujuan yang sudah disepakati pada Konferensi Tingkat Tinggi APEC di tahun 1994 yang dilaksanakan di Bogor. Tujuan APEC tersebut meliputi:

  • Membentuk perdagangan bebas, investasi, dan terbuka khususnya di kawasan Asia Pasifik.
  • Mengatasi masalah pajak perdagangan dan berkaitan dengan hal lainnya.
  • Memperkuat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran.
  • Memantau seluruh kegiatan ekonomi dan mencarikan solusi terhadap seluruh permasalahan ekonomi yang ada.
  1. Fungsi Berdirinya APEC

Selain memfokuskan ppada tujuan berdirinya APEC, organisasi ini memiliki fungsi yang secara garis besar berupaya untuk memberantas masalah ekonomi dan menjadi pelopor ekonomi di dunia. Beberapa fungsi APEC lainnya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai pemersatu seluruh kegiatan perekonomian di lingkaran Asia Pasifik.
  • Kesejahteraan perekonomian adalah PR utama APEC.
  • Sebagai media untuk memperkuat komunikasi antar komunitas ekonomi di dunia.
  • Sarana membangun fasilitas investasi.
  1. Para Peserta APEC

APEC dibangun bersama 22 negara dari kawasan Asia Pasifik. Seluruh negara tersebut bergabung bersama APEC pada tahun yang berbeda. Terdapat beberapa negara yang telah bergabung bersama APEC di tahun 1989 yaitu Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Selandia Baru, Filiphina, Singapura, Thailand, dan Amerika Serikat. Sementara itu, beberapa negara lainnya menyusul bergabung di tahun 1991 hingga 2013 yaitu Republik Tiongkok, Hong Kong, Republik Rakyat Cina, Meksiko, Papua New Guinea, Chili, Peru, Rusia, Vietnam, dan Mongolia.

Setelah membahas tentang tujuan, fungsi, dan anggota APEC, ada perlunya menambah pengetahuan dengan mengetahui lingkup pekerjaan APEC. APEC sendiri berdiri dengan prinsip kerja yaitu membangun lingkup kerja sama berbasis kesepakatan (consensus), sukarela (voluntary), kooperatif (concerted unilateralisme), dan liberalisasi ekonomi oleh negara maju (differentiated time frame).

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *