Apa sih daun salam? Dan apa kegunaanya?

Apa sih daun salam? Dan apa kegunaanya? – Pernahkah anda mendengar nama daun salam? Daun salam merupakan daun yang tumbuh dari tanaman salam, daun ini sering kali digunakan sebagai salah satu bumbu dapur oleh ibu ibu rumah tangga. Selain digunakan untuk bumbu dapur masih banyak manfaat dari daun ini. Beberapa orang masih sering menggunakan daun ini sebagai obat herbal yang dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit.

1

Pohon salam mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 m, dengan diameter pohon mencapai 60 cm. Pohon salam memiliki bungan berupa malai yang banyak kuntum bunga, 2 – 8 cm. Bunga dari tanaman ini sering kali muncul di bawah daun atau dibawah ketiak dari ranting. Bunga dari salam ini beraroma harum namun gampang rontok.

Setelah mengetahui ciri ciri dari daun salam beserta pohonnya, tidak ada salahnya apabila anda juga mencari tahu apa saja kegunaan dari daun salam untuk tubuh manusia. Sebelum mengetahui kegunaan dari daun salam bagi kesehatan ada baiknya bagi anda untuk mengetahui fakta mengenai daun salam.

Daun salam memang sering kali digunakan sebagai rempah rempah untuk menyedapkan makanan, selain sebagai bumbu dapur sebenarnya masih banyak orang yang memanfaatkan daun ini untuk menjaga kesehata, atau bahkan mengobati penyakit. Berdasarkan penelitian sederhana dapat diketahui bahwa daun salam memiliki kandungan gizi yang cukup kaya, antara lain :

  1. Kalori

Karena penggunaanya dalam masakan hanya sedikit, maka kalori yang dihasilkan daun salam dalam masakan juga kecil.

  1. Karbohidrat dan Serat

Karbohidrat dan serta pada daun salam cukup tinggi yaitu sekitar 1,35 gr per sendok makan bubuk daun salam. Selain karbohidrat daun salam juga memiliki kandungan serta dalam jumlah yang tidak terlalu besar, yakni 0,5 gr per sendok makan dari bubuk daun salam. Memang jumlahnya kecil, tetapi anda dapat mencukupi asupan serat dengan mengkombinasikan dengan sayuran dan buah yang anda konsumsi tiap hari.

  1. Mineral

Daun salam juga mengandung beberapa mineral yang penting bagi tubuh kita, meskipun dalam jumlah yang kecil. Daun salam sendiri merupakan sumber zat besi, salah satu mineral yang membantu proses pembentukan sel darah merah manusia.

  1. Vitamin

Daun salam juga mengandung beberapa vitamin, meskipun dalam jumlah yang kecil tetapi pada daun salam terdapat vit A, vit B6, vit B9, dan vit C

Khasiat daun salam untuk diet?

Berta badan berlebih merupakan permasalahan klasik yang sering kita temui. Banyak orang yang merasa dengan kondisi badan yang gemuk menjadi kurang percaya diri untuk melakukan aktivitas sehari hari. Oleh karena itu banyak sekali program diet yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan ini. Bagi anda yang ingin melakukan diet, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melakukan diet dengan menggunakan daun salam. Meskipun penelitian secara ilmiah saat ini hanya terbatas serta lebih banyak pada catatan penggunaan daun salam sebagai bumbu trasisional saja, tetapi penggunaan daun salam sebagai pengganti garam sebagai bumu penyedap dalam menggantikan rasa memberikan khasiat yang cukup besar. Seperti yang kita tahu, bahwa kandungan natrium dan klorida pada garam apabila kita konsumsi dalam jumlah yang tepat akan menghindarkan kita dari penyakit gondok. Tetapi apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan penyakit hipertensi dan stroke. Jadi tidak ada salahnya apabila anda juga menggunakan daun salam ini sebagai alternatif untuk menggantikan garam, asalkan tidak menggantikan peran keseluruhan dari garam.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *