Apa yang Dimaksud dengan Ketahanan Pangan Nasional

kpApa yang Dimaksud dengan Ketahanan Pangan Nasional – Saat ini ketahanan pangan nasional masih lemah khususnya di negara Indonesia. Bahkan banyak masyarakat yang belum mengerti ataupun memahami arti dari ketahanan pangan itu sendiri. Pengertian ketahanan pangan terdapat 2 macam, baik secara makro ataupun secara mikro adalah:

  • Mikro: kebutuhan dalam segala aspek pangan dalam tiap-tiap rumah tangga untuk menjalankan kehidupan yang sehat secara aktif tercukupi/terpenuhi.
  • Makro: Persediaan pangan/makanan yang terpenuhi dalam keseluruhan.

Namun ada pengertian lain mengenai ketahanan pangan yang terdapat dalam UU No. 7 Tahun 1996 yang dapat diartikan kondisi pangan dalam setiap rumah tangga yang terpenuhi dengan adanya pangan yang tercukupi serta aman untuk dikonsumsi, merata keseluruh rakyat dan terjangkau bagi setiap lapisan masyarakat secara menyeluruh. Meskipun pengertian ketahanan pangan beraneka macam tetapi inti dari setiap pengertian adalah tercukupi/terpenuhinya pangan.

Sedangkan ketahanan pangan dalam tingkat nasional dapat dipahami sebagai kemampuan suatu bangsa/negara untuk dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakatnya secara aman, mutu yang baik, dan memaksimalkan keragaman sumber daya yang ada negara tersebut untuk menjadi bahan pangan yang baik bagi warganya. Ketahanan pangan sendiri merupakan suatu sistem yang tidak berdiri sendiri tetapi ada beberapa subsistem yang mendukung ketahanan pangan seperrti: ketersediaan, penyaluran/distribusi, konsumsi/penggunaan. Masing-masing subsistem memiliki fungsinya masing-masing:

  • Ketahanan: untuk menjamin adanya pasokan pangan dalam suatu negara tercukupi dengan baik dari segi kuantitas(jumlah), kualitas(mutu), keamanan untuk dikonsumsi, keragaman sumber daya yang ada.
  • Penyaluran/distribusi: menciptakan sistem distribusi secara efektif serta efisien agar setiap rumah tangga tercukupi kebutuhan dalam aspek pangan dengan jaminan harga yang terjangkau bagi seluruh warga .
  • Konsumsi/penggunaan: memberikan arahan yang baik agar dalam memanfaatkan pangan perlu memberikan perhatian khusus baik mutu, keragaman sumber daya yang ada, gizi yang tercukupi , kehalalannya.

Ada 4 macam komponen utama dalam ketahanan pangan yang perlu menjadi perhatian khusus:

  1. Kebutuhan pangan yang terpenuhi.
  2. Kestabilan persediaan pangan dari musim ke musim tanpa terjadinya fluktuasi/penaikan ataupun bahkan penurunan.
  3. Harga pangan yang dapat dijangkau setiap lapisan masyarakat agar tersebar secara merata.
  4. Kualitas dan keamanan mutu pangan yang baik serta dapat dikonsumsi.

Itulah beberapa komponen yang memiliki pengaruh besar dalam ketahanan pangan nasional.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *