Apa yang diperlukan dalam Budidaya Ikan Lele? Simak Tipsnya Disini!

Apa yang diperlukan dalam Budidaya Ikan Lele? Simak Tipsnya Disini! – Salah satu bisnis di bidang perikanan adalah dengan melakukan budiddaya ikan lele. Ikan lele adalah satu ikan yang hidup di air tawar yang memiliki ciri-ciri diantaranya adalah memiliki kumis yang panjang yang ada di sekitar mulutnya. Ikan ini mmeiliki badan yang agak pipih panjang dan tubuhnya licin. Ikan ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerahnya misalnya ikan kalang untuk daerah Sumatra Barat, ikan pintet di Kalimantan selatan, ikan keli di Malaysia. Nama ilmiah dari ikan ini adlah Clarias.

Untitled

Jenis ikan dan kegunaan dari budidaya ikan lele

Ikan lele yang dibudidayakan terdapat sekitar 50 hingga 60 jenis namun bau diketahui 20 jenis diantaranya yang terdapat di Asia Tenggara. Beberapa diantaranya adalah Clarias agboyiensis. Clarias lamottei, Clarias pseudonieuhofii, clarias pseudoleiacanthus. Fungsi dari budidaya ikan lele adalah untuk diambil dagingnya dan untuk menjaga kualitas air yang telah tercemar untuk menghilangkan kotoran dan dapat pula untuk menanggulangi dari tumbuhnya jentik nyamuk.

Kolam untuk budidaya ikan lele

Pembuatan kolam merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan budidaya ikan lele. Kolam dapat berupa kolam tanah, dari semen, dari teroal atau keramba. Untuk kolam tanah sebaiknya memiliki ukuran 1-1,5 meyer sehingga cahaya matahari masih dapat menembus hingga ke dasar kolam. Ukuran kolam dapat sebesar 2×4, 3×5 atau 3×4 tergantung pada lahan yang dimiliki. Idela tingat bibit adalah 200-400 ekor per m2. Kolam akan dikeringkan terlebih dahulu hingga benar-benar kering kemudian diberi kapur untuk menyeimbangkan kadar keasaman dari kolam dan menghilangkan mikroorganisme yang merugikan.

Karakteritistik dalam budidaya ikan lele

Sebelum melakukan budidaya ikan lele, sebaiknya mengenal terlebih dahulu katakteristik dari ikan tersebut. diantaranya yaitu:

  • Ikan lele cocok hidup di lingkungan yang bersuhu sekitar 20-28oC.
  • Air yang digunakan untuk memelihara sebaiknya bukan air dari limbah industri pabrik karena memiliki sifat kimia atau anorganik.
  • Ikan lele menyukai keadaan air yang tenang walaupun sedikit keruh dan kandungan oksigen yang sedikit. Jika mulai bau dan jenuh, dapat diganti setidaknya 50%.
  • Permukaan kolam sebaiknya tidak tertutup untuk menjaga kestabiland ari suhu kolam karena sirkulasi dan cahaya matahari yang masuk.

Bibit lele yang dapat diambil atau dikembangkan berukuran sekitar 5-7 cm dan sekitar 3 bulan dapat mulai dikonsumsi.

Pakan untuk budidaya ikan lele

Dalam budidaya, salah satu yang harus diperhatikan adalah pakan. Pakan yang baik memiliki rasio dengan jumlah pakan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan rasio pertumbuhan dagingnya. Semakin kecil pakan, kualitas pakan tersebut semakin baik. Pemberian pakan tambahan yang lebij murah dapat menjadi alternatif jika pakan utama terlalu mahal. Pemberian pakan utama sebaiknya pada sore atau malam hari dengan jangka 4-5 kali sehari.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *