Apakah Anda Termasuk Orang yang Sering Mengalami Kontraksi saat Hamil ? Ada Beberapa Tips untuk Mengurangi Nyeri Saat Terjadi Kontraksi

Pada ibu hamil yang sudah memasuki trimester akhir, kadangkala sering merasakan kontraksi yang membuat ibu cemas. Hal ini dikarenakan kontraksi menyebabkan gerakan – gerakan pada perut seperti mules dan nyeri. Namun, anda juga mesti membedakan mana kontraksi asli dan mana yang palsu.

Kontraksi palsu atau yang biasa disebut Braxton Hicks, biasanya terjadi pada durasi waktu yang lebih lama dan tidak terlalu memberikan rasa nyeri. Hanya saja terkadang ibu cemas karena sudah memikirkan hal – hal tentang persalinan.

j 98

Hal ini sebenarnya normal terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri akan proses persalinan nanti.

Kemudian ada kontraksi asli yaitu tanda – tanda bahwa bayi akan lahir. Biasanya kontraksi tersebut tidak terjadi begitu lama, hanya saja rasa nyeri sering diarasakn. Inilah faktor utama yang membuat ibu kurang nyaman, cemas, dan gugup apalagi ibu baru pertama kali hamil.

Ada beberapa tips untuk mengurangi nyeri saat kontraksi terjadi, berikut ulasannya.

  • Membuat bunyi atau bersenandung

Ibu bisa meredam rasa nyeri dengan bersenandung dan membuat suara yang bikin anda rileks. Ciptakan nada yang rendah dan tarik napas yang dalam agar otot meregang, serta lemaskan pundak anda. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalihan akan rasa nyeri yang dirasakan.

  • Mengatur posisi

Posisi tubuh bisa meredam rasa nyeri saat kontraksi terjadi. Intinya anda melakukan gerakan yang tidak melawan gravitasi, contohnya membuka panggul. Ibu bisa bersandar pada suami atau dinding supaya terhindar dari intervensi yang mengganggu.

  • Berendam di air hangat

Saat ibu merasakan kontraksi, ibu bisa berendam di air hangat supaya meringankan rasa nyeri karena kontraksi. Siram bagian perut dan punggung dengan shower air hangat supaya anda lebih nyaman.

  • Sugestikan pikiran anda dengan sesuatu yang menyenangkan

Saat terjadi kontraksi, ada baiknya anda berpikir sesuatu yang menyenangkan. Hal ini dapat membuat anda lebih rileks saat kontraksi terjadi. Hal ini akan menimbulkan hormon oksitosin yang bisa membantu anda meredakan nyeri kontraksi.

Baca Artikel Lainnya :

Lakukan gerakan pijat memutar pada punggung bawah serta tulang belakang. Minta tolong suami untuk memijat supaya bisa lebih leluasa dalam memijat, dan mendapatkan fase rileks yang lebih maksimal.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *