Apakah Benar Rajin Jalan Kaki Dapat Mengurangi Resiko Terkena Stroke?

Apakah Benar Rajin Jalan Kaki Dapat Mengurangi Resiko Terkena Stroke? – Mungkin anda sering mendengar tentang penyakit stroke, namun apakah anda sudah mengetahui apa itu penyakit stroke?

Penyakit stroke sebenarnya adalah serangan yang terjadi pada bagian otak anda yang terjadi secara mendadak akibat penyumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah otak (serebrovaskuler).

Untitled

Hal ini dapat ditandai dengan matinya jaringan otak (infark serebral) yang disebabkan kurangnya atau tidak adanya pasokan darah dan oksigen menuju otak, sehingga membuat penderitanya mati rasa pada bagian tubuh tertentu.

Ada berbagai macam cara untuk mencegah penyakit stroke ini diantaranya adalah kurangi atau hindari rokok, cek tensi darah anda secara rutin, jangan terlalu stress atupun depresi, makan makanan yang sehat, kurangi berat badan berlebih, kurangi mengkonsumsi makanan yang terlalu asin, dan yang paling penting lakukan olahraga secara rutin.

Mungkin sebagian besar dari anda tidak memiliki waktu luang untuk melakukan olahraga fisik, seperti pergi ke sport center, gym dan lain-lain. Padahal olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh, otak dan jiwa kita.

Sebenarnya ada cara mudah dan sederhana untuk menggantikan waktu olahraga anda, yaitu anda dapat menggantinya dengan melakukan jalan kaki secara rutin.

Mengapa berjalan kaki? Pada dasarnya berjalan kaki adalah salah satu jenis olahraga ringan, saat anda berjalan semua bagian tubuh anda bergerak.

Kaitannya dengan penyakit stroke sendiri adalah pada saat anda berjalan kaki secara rutin kadar LDL (kolestrol jahat) di dalam tubuh anda akan menurun dan juga meningkatkan kadar HDL (kolestrol baik) sebagai gantinya, dan hanya dengan berjalan kaki secara rutin anda sudah secara otomatis turut mengontrol tekanan darah anda.

Baca Artikel Lainnya :

Hal ini disebabkan karena pada saat anda berjalan kaki denyut jantung anda akan meningkat dan memompakan darah keseluruh tubuh, peningkatan denyut jantung ini akan melatih kerja jantung dan sistem peredaran darah anda.

Bila anda penasaran dan ingin mencoba olahraga murah meriah ini caranya cukup mudah, anda hanya perlu berjalan cepat selama 30 menit secara rutin maka dapat dipastikan resiko anda terkena stroke akan menurun 27% dan jantung anda pun akan semakin sehat. Selamat mencoba dan menjadi sehat..

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *