Apakah Kamu Penggemar Jengkol?

Apakah Kamu Penggemar Jengkol? – Walaupun makanan ini mengeluarkan aroma yang tidak sedap, namun ternyata zat yang terkandung dalam jengkol sangat baik untuk tubuh. Apa sajakah yang bisa kita ketahui tentang makanan yang satu ini?jengkol

Jangan remehkan makanan yang baunya menusuk hidung ini! Dibalik ketidaksedapan baunya, jengkol menyimpan zat-zat yang bisa menjadi obat bagi beberapa penyakit.

Makanan bernama latin Archidendron Pauciflorum dan bagian dari tanaman bersuku polong-polongan ini sangat subur di daerah asia tenggara, termasuk Malaysia, Thailand, Myanmar, dan Indonesia.

Tanaman ini bisa dikonsumsi mentah atau matang. Sudah banyak variasi makanan jengkol yang menggugah selera. Walaupun sehat bagi tubuh, jengkol tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Berikut zat-zat yang terkandung dalam makanan ini, vitamin A, B, C, Fosfor, Kalium, Karbohidrat, Protein, Steroid, Glikosida, Alkaloid, Minyak Atsiri, Tanin, Saponin, Asam Amino, Asam Jengkolat dan masih banyak lagi kandungan yang tentunya baik untuk tubuh.

Jengkol kaya akan manfaat bagi tubuh kita, diantaranya; sebagai obat kanker, jengkol dipercaya dapat membunuh sel kanker 10.000 kali lebih ampuh dibanding kemoterapi, bahkan kabar baiknya jengkol tak merusak sel-sel lain dalam tubuh (dilansir dari penelitian di Institute of Health Science, Sweden).

Adapun kanker yang bisa diterapi dengan jengkol ada 12 jenis kanker termasuk di dalamnya kolon, payudara, paru-paru, pankreas, prostat. Jengkol pun dapat mengatasi infeksi, dengan baunya yang sangat adikuat, jengkol sebagai salah satu spektrum anti mikroba mampu mengatasi infeksi bakteri maupun jamur.

Jengkol sebagai obat anemia, zat besi yang dimiliki oleh jengkol 4,7 gr/ 100 gr merupakan kadar yang sangat cukup untuk mengobati anemia. Sebagai sumber protein, kadar protein dalam jengkol lebih tinggi dibanding yang terkandung dalam tempe. Jengkol baik untuk kesehatan tulang, kandungan kalsium dan fosfor dalam jengkol cukup membantu dalam memelihara kesehatan tulang dan gigi manusia, maka baik pula untuk pertumbuhan janin yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Mencegah diabetes, karena kandungan pada jengkol dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Mencegah penyakit jantung, karena kandungan mineral pada jengkol dapat mencegah penyempitan pembuluh darah yang tentu adalah penyebab terjadinya serangan jantung.

Manfaat lainnya; menghilangkan sembelit, mencegah kista dan tumor, menghilangkan stres dan gugup, pembentukan jaringan tubuh, membasmi radikal bebas, menstabilkan organ penting dalam tubuh, mencegah kecacatan pada bayi.

Seperti yang telah disebutkan di atas, ternyata walaupun jengkol kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh kita, mengkonsumsi jengkol berlebihan justru tidaklah baik. Karena ada efek samping ketika kadar konsumsi jengkol kita lampaui; susah buang air kecil karena penumpukan kristal pada saluran urine, maka antisipasinya mengkonsumsi jengkol harus dibarengi dengan asupan air putih yang banyak.

Bau dari jengkol bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pula pada keringat, mulut, kencing dan gas yang keluar dari tubuh maka hindari memakan jengkol berlebihan dan rendam dan rebuslah terlebih dahulu jengkol sebelum dimasak untuk mengurangi kadar bau di dalamnya.

Baca juga:

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *