Apakah Manfaat Vitamin A Untuk Balita, Ini Dia Penjelasannya

Apakah Manfaat Vitamin A Untuk Balita, Ini Dia Penjelasannya – Usia balita memang memerlukan banyak asupan nutrisi dan juga vitamin untuk menunjang proses pertumbuhannya.

Sumber vitamin A bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti sayuran hijau dan juga buah berwarna jingga.

20160310_133316_resized

Selain buah dan sayur, minyak ikan, kuning telur, mentega dan hati juga kaya akan vitamin A. ASI atau air susu ibu juga merupakan sumber vitamin A yang paling baik untuk bayi. Nah sebenarnya apa manfaat vitamin A untuk balita? Berikut penjelasannya.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat utama vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko kebutaan.

Bagi balita, vitamin sangat baik untuk membantu menjaga kelembaban dan kejernihan selaput lender sehingga memungkinkan mata dapat melihat lebih baik lagi  bahkan pada saat cahaya minim seperti saat sore hari.

  1. Pengaktif metabolism tubuh

Selain bagus untuk mata, vitamin A juga berfungsi sebagai pengaktif metabilosme tubuh. Pada balita, metabolism tubuh yang baik memungkin balita untuk tumbuh lebih cepat dan membuat balita lebih aktif bergerak.

  1. Menghaluskan kulit

Manfaat vitamin A yang lainnya untuk balita adalah membuat kulit balita menjadi lebih halus. Selain itu vitamin  juga bisa melembabkan kulit balita. Jika kulit balita halus dan lembab, balita juga akan lebih nyaman dan tidak mudah rewel.

Walaupun vitamin A memiliki banyak manfaat untuk balita, akan tetapi bukan berarti vitamin A tidak memiliki efek samping.

Apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, vitamin A justru akan menjadi racun bagi tubuh mereka. Ginjal adalah bagian tubuh yang akan menderita bila asupan vitamin A terlalu berlebihan.

Baca Artikel Lainnya :

Akan tetapi kekurangan vitamin A juga membawa dampak buruk. Selain fungsi mata menjadi terganggu seperti terkena rabun senja dan mata menjadi kering, kurangnya vitamin A juga membuat balita menjadi lebih rentan terkena infeksi karena sistem metabolism mereka yang tidak sempurna.

Itulah beberapa manfaat vitamin A untuk balita. Semoga bermanfaat..

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *