Apakah Mencuci Piring Dengan Mesin Lebih Baik dari Pada Dengan Tangan?

Apakah Mencuci Piring Dengan Mesin Lebih Baik dari Pada Dengan Tangan – Praktik mencuci piring dengan menggunakan tangan sudah menjadi hal yang umum bagi ibu rumah tangga maupun anggota keluarga yang lain.

Untitled

Untuk sebagian orang merasa bahwa mencuci dengan tangan akan terasa lebih bersih dibandingkan dilakukan dengan mesin. Hal tersebut yang menimbulkan perasaan yang sangat pribadi, dan telah membudaya yang sulit untuk dilepaskan.

Namun dalam kebanyakan kasus menunjukan bahwa mencuci piring dengan mesin jauh lebih baik daripada dengan tangan. Hal ini diutarakan oleh kelompok ahli, termasuk dari Consumer Reports, Environmental Protection Agency Program Star Energy (Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam), dan American Council for an Energy-Efficient Economy (Dewan Amerika untuk Ekonomi Energi Efisien).

Berdasarkan perspektif lingkungan, mesin pencuci piring dipercaya telah berkembang lebih hemat energi dan air. Terdapat satu Model mesin cuci piring yang bersetifikat bahkan sulit untuk dikalahkan dengan cara mencuci piring secara konvensional yaitu Model mesin cuci Energy Star. Walaupun sisa makanan harus disisihkan terlebih dahulu sebelum meletakkan piring pada mesin cuci piring.

“Studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ketika digunakan untuk memaksimalkan fitur hemat energi, ternyata mesin pencuci piring modern selalu bisa unggul dibandingkan dengan mencuci dengan tangan yang paling hemat sekalipun,” hal ini dikatakan oleh American Council for an Energy-Efficient Economy.

Menentukan bagaimana piring dikatakan bersih merupakan suatu hal yang bersifat subyektif. . Di satu sisi, mesin pencuci piring memang diketahui memiliki beberapa keunggulan selain hemat air dan juga energi. Namun di sisi lain, seberapa baik mesin pencuci piring modern dapat menghemat air dan energi hal ini tidak sama bila dibandingkan dengan tangan manusia yang mencuci piring.

Misalkan, tangan manusia tidak akan dapat  menyentuh suhu air panas diatas 60 derajat hingga 62 derajat celsius yang banyak mesin pencuci piring gunakan untuk mencuci piring sehingga bisa benar-benar bersih.

Mesin pencuci piring modern kini mulai meningkatkan jumlah fitur dan kualitas yang berteknologi tinggi, contohnya desain rak, semprotan jet air dan aspek lainnya telah disesuaikan untuk meningkatkan kinerja. Fitur lainnya yang penting adalah sensor, yang dapat digunakan untuk mendeteksi apakah piring masih kotor.

Laporan American Council for Energy-Efficient Economy dan Appliance Standards Awareness Project pada 2013, menunjukkan bagaimana mesin pencuci piring menunjukan lebih hemat energi dan hemat air dari waktu ke waktu. Secara bersamaan, mesin cuci piring juga lebih mudah untuk dioperasikan.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *