Apakah Palem Bisa Dikatakan Sebagai Tanaman Hias?

Apakah Palem Bisa Dikatakan Sebagai Tanaman Hias? – Tanaman palem adalah salah satu jenis tanaman pinang-pinangan yang masuk ke dalam kelas famili Arecaceae. Tanaman yang satu ini banyak kita jumpai di wilayah dataran Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa tanaman yang satu ini merupakan jenis tanaman hias. Ada juga yang meragukan palem sebagai tanaman hias.

Untitled

Namun faktanya banyak orang yang menanam jenis tanaman yang satu ini memang digunakan sebagai aksen penghias yang dapat menambah kecantikan dan keingdahan suatu tempat. Jadi tanaman palem ini bisa dikatakan sebagai salah satu jenis tanaman hias.

Di habitat alaminya, tanaman palem biasa tumbuh di hutan berada di antara pepohonan-pepohonan besar. Namun seiring dengan perkembangan jaman, tanaman ini banyak kita jumpai di tengah kota seperti alun-alun, tempat wisata, sepanjang jalan protokol, hingga di depan-depan rumah.

Tanaman palem memiliki ciri-ciri batang yang tegak ke atas dan jarang sekali bercabang layaknya pohon kelapa. Batangnya beruas-ruas dan tidak memiliki kambium sejati. Tanaman ini juga memiliki akar serabut dan berdaun majemuk.

Dan untuk bunganya sendiri tersusun merangkai atau biasa orang menyebutnya dengan mayang. Tangkai pohon ini berupa pelepah daun yang membungkus pohonnya. Apabila pelepah tersebut sudah tua maka secara otomatis akan mengelupas dari pohon dan jatuh ke tanah.

Pohon palem sendiri memiliki berbagai macam dan jenis diantaranya adalah palem palem merah dan palem kuning. Disamping dua jenis palem tersebut sebenarnya masih ada banyak sekali jenis palem lainnya yang tumbuh di Indonesia.

Palem merah merupakan salah satu jenis palem yang memiliki bentuk fisik paling cantik. Palem jenis ini biasanya banyak digunakan sebagai tanaman penghias halaman rumah. Palem merah ini digemari karena warna pelepah yang menempel pada batangnya berwarna merah menyala sehingga memberikan keindahan tersediri bagi orang yang menilainya. Palem jenis ini merupakan ikon dari kota Jambi.

Sedangkan palem kuning juga merupakan jenis palem yang biasa digunakan sebagai aksen penghias pekarangan rumah. Namun kehadiran palem kuning ini tak sepopuler palem merah. Palem kuning sebenarnya merupakan tumbuhan asli dataran madagaskar. Namun di daerah asalnya tanaman ini terancam punah karena suhunya yang sangat ini.

Palem kuning memiliki daun hijau menyala dengan sedikit kekuning-kuningan. Tanaman ini bisa tumbuh dengan ketinggian mecapai 5 meter. Namun palem kuning yang biasa digunakan sebagai tanaman hias adalah palem kuning yang tidak terlalu tinggi, maksimal hanya 3 meter saja.

Selain itu juga ada palem ijo atau palem Jepang. Palem yang satu ini memiliki bentuk fisik yang cenderung lebih tinggi dibanding palem merah dan palem kuning. Palem ini lebih sering berbunga dan berbuah dibanding palem-palem lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *