Apakah Planet Terpanas di Tata Surya?

Pertanyaan di atas, mungkin sangat mudah dijawab bagi Anda yang masih ingat dengan urut-urutan nama-nama planet dalam tata surya. merkurius, venus, dan bumi. Ya, ketiga planet inilah yang berada dalam urutan terdekat dari sang surya.

a 82

Sangat mudah mengambil asumsi jika merkurius merupakan planet dengan suhu paling tinggi di antara planet-planet lainnya. Eits… tunggu dulu. Usut diusut, ternyata anggapan sebagian besar orang ini keliru lho.

Walaupun, merkurius “bertetanggaan” yang paling dekat dengan sang surya. Tidak serta-merta menobatkannya sebagai planet terpanas. Justru saudara dekatnya, venus-lah yang menyandang predikat sebagai planet terpanas. Kok bisa begitu ya? Simak rangkuman yang kami kutip dari berbagai sumber berikut agar membuka wawasan Anda ya…

Suhu venus serupa dengan suhu awan panas Merapi

Kendati merkurius berada posisi paling dekat dengan matahari, merkurius kalah jauh dari segi suhu panas venus. Dikutip dari berbagai sumber, suhu tertinggi merkurius mencapai 430 derajat di waktu siang atau terpapar sinar matahari.

Sementara, pada planet bintang kejora alias venus, suhu tertinggi mendekati 450 derajat. Bayangkan, hal ini setara dengan suhu awan panas gunung Merapi atau empat kali lipat titik didih air.

Venus tidak punya atmosfer

Atmosfer bagi planet ibarat perisai atau tameng pelindung dari serangan sinar inframerah sang surya. Tanpa adanya atmosfer, sinar matahari bisa menerobos dengan leluasa, menghancurkan apa saja yang ada di dalam planet karena suhu yang terlampau panas. Atmosfer yang terdapat pada planet venus hampir tidak ada. Sekalipun ada, atmosfer tersebut sangatlah tipis.

Venus mengalami efek rumah kaca berkesinambungan

Lain halnya dengan planet bumi yang masih menghadapi dampak buruk efek rumah kaca. Planet venus sudah terlebih dahulu mencicipi dampak negatif efek rumah kaca.

Baca Artikel Lainnya :

Suhu yang terlampau tinggi akibat gas karbon dioksida yang sangat melimpah pada lapisan atmosfer venus membuat suhu panas matahari terperangkap dan tidak bisa dipantulkan ke luar angkasa dengan baik. Alhasil, suhu panas di dalam planet venus kian meningkat dan menobatkannya sebagai planet terpanas di dalam tata surya.

Jelas sudah planet mana yang paling tinggi suhunya. Venus atau sang bintang kejora sukses menyandang gelar ini lantaran memiliki suhu di atas rata-rata suhu panas planet lainnya. Catat baik-baik dalam ingatan ya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *