Apakah sudah kita memperlakukan anak dengan baik dan benar?

Apakah sudah kita memperlakukan anak dengan baik dan benar? – Memang tak bisa dipungkiri jika anak merupakan harapan dari setiap orang tua.

Untuk itu sebagai orang tua tentunya Anda harus selalu memeberikan bimbingan yang terbaik untuk anak agar kelak ia bisa menjadi manusia yang baik dan memiliki akhlak mulia untuk setiap orang di sekitarnya.

Untitled

Akan tetapi sudahkah Anda memperlakukan anak Anda dengan baik dan benar?

Usia 0 tahun merupakan masa kritis untuk otak sang anak. Karena pada masa ini merupakan masa keemasan sang anak dimana perkembangan otak sangat pesat.

Menurut penelitian pada masa ini pula anak bahkan mampu menyerap informasi dan pengalaman baru dengan lebih cepat dibandingkan saat usia 3 tahun.

Untuk itu sangat penting mengetahui cara dalam mendidik anak dengan baik dan benar seperti berikut ini:

  1. Menunjukkan sikap lembut dan kasih sayang tulus

Sebagai orang tua yang baik, tunjukkanlah selalu sikap lembut terhadap anak Anda. Karena dengan tutur kata yang lembut anak akan mudah untuk mendengarkan orang tua.

Selain itu tunjukkan pula kasih sayang tulus terhadap anak Anda yang bisa Anda lakukan dengan tindakan seperti mencium ataupun memeluknya. Karena dengan begitu anak akan merasa nyaman dan kenyamanan ini akan membentuk kedekatan antara anak Anda dengan Anda.

  1. Memberikan dukungan dan menjadi pendengar yang baik

Selain itu And juga perlu tahu bagaimana keadaan anak Anda. Karena mereka tidak setiah waktu bersama Anda. Ada kalanya saat di sekolah ia mengalami masalah dengan temannya, maka Anda harus bisa mendengarkan apa yang dikeluhkannya.

Setelah Anda mengetahui dan memahami yang anak Anda alami dan rasakan. Maka berikan pemahaman dan dukungan untuk memberikan pertahanan mental terhadap setiap hal yang dialaminya.

  1. Membangun kreativitas dengan mengajaknya bermain bersama

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus membentuk quality time bersama anak Anda. Belajar sambil bermain bersama. Ajaklah anak Anda berlibur ke pantai, biarkan anak bercengkrama dengan alam karena hal ini dapat meningkatkan kreativitasnya.

Bebaskan anak bermain pasir atau membangun istana pasir dan merasakan ombak, yang terpenting adalah Anda tetap mengawasinya agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

  1. Hindari menggunakan kata jangan

Sebisa mungkin saat berkomunikasi dengan anak Anda hindari kata-kata negative seperti kata jangan.

Bila anak Anda melakukan sesuatu yang mungkin dapat membahayakan maka hindarilah kata jangan, karena bila kata ‘jangan’ sering diucapkan kepada anak maka dapat memberikan dampak negatif yang dapat memicu perkembangan kreativitas anak tidak optimal.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk menggantikan kata jangan maka Anda bisa memilih kata lain yang lebih positif misal kata ‘jangan lari’ maka Anda bisa menggantinya dengan kata ‘berjalan saja’.

Itulah beebrpaa hal yang bisa ANda coba terapkan dalam mendidik dan memperlakukan anak dengan baik.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *