Apakah Tinggi Badan Mempengaruhi Kesehatan?

Tinggi badan terkadang menjadi perhatian utama seseorang, terutama ketika dikaitkan dengan penampilan. Beberapa riset terkini di dalam bidang kedokteran mengungkapkan sebuah fakta bahwa tinggi badan seseorang ternyata berhubungan erat dengan tingkat kesehatan.

c 51

Dibawah ini merupakan hubungan antara kesehatan dengan tinggi badan yang bisa Anda ketahui.

Wanita yang memiliki tubuh tinggi rawan terserang kanker

Tiroid, melanoma, kanker ginjal, usus besar, payudara maupun rektum sangat erat kaitannya dengan tinggi badan. Hal ini diungkapkan oleh Geoffrey Kabat yang merupakan seorang ahli epidemiologi.

Kabat mengungkapkan bahwa perempuan dengan tinggi sekitar 175 cm, sekitar 30% hingga 40% lebih mungkin mengembangkan jenis kanker dibandingkan wanita dengan tinggi yang hanya sekitar 160 cm.

Penggumpalan darah dan stroke

Jika sekarang ini tinggi Anda berkisar pada 157 cm atau berada di bawah itu, sementara berat badan Anda normal atau paling tidak mendekati, maka Anda memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar untuk memiliki gumpalan darah. Kemungkinan semacam ini juga menunjukkan jika penyakit jantung dan stroke serius juga lebih umum untuk menyerang seseorang dengan tubuh yang cenderung pendek.

Postur tubuh pendek cenderung panjang umur

Salah satu gen yang berhubungan dengan usia panjang umumnya berada pada golongan orang-orang dengan postur tubuh cenderung pendek.

Bertubuh tinggi bersyukurlah karena cenderung miliki jantung sehat

Wanita dengan tinggi badan 172 cm sebanyak 28% diantaranya memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terancam mengembangkan penyakit jantung daripada orang-orang dengan tinggi badan yang hanya mencapai 160 cm.

Baca Artikel Lainnya :

Diabetes mengancam postur tubuh tinggi

Jika postur tubuh tinggi lolos dari ancaman jantung, maka tidak demikian dengan diabetes tipe 1. Meskipun pernyataan ini masih berada dalam perdebatan dan masih terus diteliti. Namun dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak berpostur tinggi cenderung memiliki peningkatan risiko.

Tetapi penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa postur pendek justru yang lebih beresiko. Untuk lebih jelasnya, ha ini masih diteliti secara lebih lanjut. Terutama dari kaitan antara tinggi badan dengan ancaman diabetes itu sendiri.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *