Apasih ikatan kimia?

Apasih ikatan kimia? – Disekitar kita ada banyak benda yang terbentuk dari proses penyusunan partikel-partikel yang sangat kecil.

Susunan tersebut dapat terjadi karena atom-atom yang berada di alam berada dalam kondisi yang stabil.

Terjadinya proses fisika antara dua atom atau dua molekul yang menghasilkan senyawa diatomik atau poliatomik secara stabil disebut dengan ikatan kimia.

Penjelasan mengenai gaya tarik menarik antara atom maupun molekul ini biasanya dijelaskan dalam elektrodinamika kuantum.

Secara singkat, ikatan kimia menggambarkan mengenai proses interaksi antar atom sehingga membentuk molekul, kristal, maupun ion yang stabil.

Kuatnya ikatan kimia sangat bervariasi, namun secara umum ikatan kovalen dan juga ikatan ion merupakan ikatan kimia yang kuat. Sementara itu, ikatan hidrogen serta ikatan van der waals adalah ikatan yang lemah.

Pada ikatan kimia, terdapat dua cara yang digunakan oleh unsur agar dapat mengambil gas mulia, yaitu : melepaskan atau menerima elektron serta menggunakan pasangan elektron secara bersamaan. Ikatan kimia secara umum dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Ikatan Ion

Ikatan ion atau ikatan elektrovalen merupakan ikatan yang terbentuk karena menerima atau melepas elektron pada atom-atom yang terikat. Atom yang terlepas menjadi bermuatan positif, sementara atom yang menerima menjadi bermuatan negatif. Contoh dari ikatan ion adalah : NaCl, AlF3, MgO, dll.

  1. Ikatan Logam

Ikatan logam merupakan ikatan yang terbentuk karena menggunakan elektron valensi secara bersamaan antar atom loga.

Salah satu teori yang dapat menjelaskan mengenai ikatan logam, yaitu teori lautan elektron. Terjadinya ikatan logam ditandai dengan proses tumpang tindih antara elektron valensi dari atom Fe (besi) satu sama lain. Contoh ikatan logam adalah : seng, perak, besi.

  1. Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen merupakan ikatan yang terjadi disebabkan karena atom-atom yang berikatan menggunakan pasangan elektron secara bersamaan.

Pasangan elektron yang dimaksud adalah Pasangan Elektron Ikatan (PEI) atau Pasangan Elektron Bebas (PEB) yang merupakan pasangan elektron valensi yang tidak terlibat.

Ikatan kovalen terbagi menjadi tiga berdasarkan jumlah PEI, yaitu : ikatan kovalen tunggal, ikatan kovalen rangkap dua, dan ikatan kovalen rangkap tiga. Contoh dari ikatan kovalen : O2, Br2, H2, dll

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *