Apple dan Samsung Kerjasama Mengembangkan Chip Apple 9

Apple dan Samsung Kerjasama Mengembangkan Chip Apple 9 – Samsung dan Apple adalah dua perusahaan teknologi komunikasi dengan beberapa produk yang dikeluarkan terbilang sejenis yaitu perangkat gadget.

Untitled

Tak heran kedua perusahaan bersaing untuk menjadi yang nomer satu untuk menarik minat pelanggannya.

Akan tetapi beberapa hari yang lalu kedua vendor mencoba berkolaborasi untuk saling mendukung mengembangkan sebuah teknologi chipset termutakhir.

Seperti dikutip Ibtimes, tanggal 5 Maret lalu, pihak Samsung Electronics akan bekerjasama dengan pihak Apple Inc dalam pengembangan chipset terbarunya yang rencananya akan ditanamkan ke dalam smartphone iPhone generasi selanjutnya.

Dikabarkan pula Apple memesan chipset tambahan yang nantinya akan diproduksi di pabrik Giheung Samsung, Kore Selatan dalam jumlah yang banyak.

Melalui perusahaan partner Samsung, Globalfoundris, Apple meminta bantuan Samsung Electronic untuk memproduksi chipset Apple A9 yang akan ditanamkan di dalam iPhone generasi selanjutnya.

Kerjasama ini bukan yang pertama kali terjadi antara Samsung dan Apple. Beberapa tahun lalu perusahaan Asal Amerika ini juga pernah mengontrak Samung Electronics dalam pengadaan chipset iPhone dan iPad juga sampai kontrak tersebut habis tahun lalu.

Singkatnya, dibalik persaingan kedua perusahaan dalam hal strategi marketing produk, terdapat suatu kerjasama dalam hal inovasi teknologi.

Sekedar informasi, diantara persaingan dan kerjasama yang terjadi antar kedua belah pihak, terdapat perseteruan yang memilukan yaitu kasus saling gugat. Pada tahun 2011 lalu Samsung melayangkan gugatan ke pihak Apple atas pelanggaran hak paten produk.

Perseteruan semakin mendidih kala Apple tidak terima dengan gugatan yang diajukan Samsung. Apple balik menggugat perusahaan asal negeri gingseng tersebut atas tuduhan Samsung melakukan plagiarism atas produk buatan Apple.

Sejak saat itulah hubungan mereka dianggap sebagian orang kurang harmonis dengan melakukan persaingan persaingan dibidang teknologi.

Namun perseteruan tidak selamanya abadi. Kedua perusahaan kembali membuka jalan damai dengan bekerjasama mengembangkan chipset A9 ini.

Baca Artikel Lainnya :

Hal ini secara tidak langsung akan menguntungkan kedua belah pihak dimana Apple akan mengeluarkan generasi iPhone terbaru yang pastinya akan menarik konsumen dan akan menutupi kerugian Samsung akibat kegagalan samsung pada bisnis dibidang yang lain pada tahun lalu.

Song Myung Sup, seorang Analis HI Investment and Security Co di Seul, Korea Selatan, menyebutkan jika pihak partner Globalfoundris dapat dengan cepat mengadopsi teknologi dari Samsung, maka bisnis kedua belah pihak diramalkan akan melapaui dominasi Qualcomm sebagai jawara pemproduksi chipset saat ini.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *