Arti dari Mutasi Nonsense dan Contohnya

Arti dari Mutasi Nonsense dan Contohnya – Mutasi nonsense adalah suatu perubahan yang terjadi pada mutasi titik dari kodon stop premature pada bagian gen yang berperan untuk mengkode protein di dalamnya.

1

Bahwasannya, kodon stop ialah suatu keadaan dimana ribosom di dalam tubuh berhenti dalam memproduksi suatu protein. Bilamana peristiwa ini terjadi lebih awal, maka protein yang terbuat hanya sebagian kecil saja dan ini tidaklah cukup. Seperti halnya pada protein yang separuh matang atau belum matang sempurna yang merupakan suatu hasil dari mutasi nonsense seringkali mengalami suatu kerusakan.

Dalam proses mutasi nonsense ini terdapat beragam hal yang perlu diketahui, seperti halnya beberapa istilah berikut ini:

  • Kode genetic di dalam tubuh ialah dari DNA ke RNA dan menjadi protein dimana proses ini berada di dalam sel. Urutan tersebut meliputi membaca dan kemudian menerjemahkan yang dilakukan oleh RNA ribosom dan mentransfer selama proses translasi.
  • Kodon ialah kelompok ketiga dari nukleotida dalam urutan RNA. Pada setiap kombinasinya ini akan menghasilkan kode nukleotida RNA dari A, C, G dan U sebagai untur dari asam amino atau dari translasi dan bisa pula terhenti di translasi.
  • Mutasi titik merupakan suatu perubahan dalam satu pasangan basa sebagai urutan DNA itu. Contoh mudahnya ialah DNA dengan kode a akan berubah menjadi c. Inilah contoh sederhana dari adanya sebuah mutasi di dalam sel. Terlebih pada mutasi titik ini dapat mempengaruhi adanya efek yang berbeda-beda dan semua itu tergantung pada sistem dari RNA.

Pada mutasi nonsense ini memiliki suatu kodon stop premature ke dalam suatu urutan pengkodean suatu gen. Keadaan tiada mutasi akan menjadikan struktur DNA itu baik-baik saja. Hal ini bisa menjadi struktur sistem yang normal dari TTC yang ditranskip ke AAG lalu terbaca oleh RNA dengan baik.

Terbayang bukan betapa pentingnya tidak adanya mutasi itu. Namun bila hal yang disebut mutasi itu terjadi bisa menimbulkan beberapa resiko buruk. Untuk lebih jelasnya, terdapat beberapa contoh dari mutasi nonsense ini, yakni:

  • Adanya kerusakan akibat suatu sel yang terkena suatu resiko DNA yang rusak.
  • Mutasi titik TTC akan menjadi ATC.
  • Sel protein tak dapat bekerja seperti yang seharusnya.

Begitu pentingnya sebuah sistem sel yang normal membuat pengaruh yang tak kalah baiknya bagi sistem tubuh. Akan tetapi, bagaimana terjadi mutasi nonsense itu? Tentu saja ini akan beresiko buruk seperti asam amino lisin dalam kinerjanya tidak dapat berjalan dengan lancar atau tidak sampai dengan clear untuk menjalankan kinerjanya. Hal ini bisa disebut dengan pemendekan suatu sel protein sehingga kebutuhan akan sel itu tak tercukupi dengan baik.

Pada kenyataannya, mutasi ini bisa saja tak dapat berfungsi seutuhnya dan bisa pula bekerja sebagian saja. Hal ini semuanya tergantung pada mutasi itu dari urutan RNA messenger. Seperti adanya kemungkinan dimana protein hamper saja selesai menjalankan fungsinya akan tetapi terjadi penghapusan sebelum selesai. Akibatnya bisa beragam mulai dari ketidakfungsian secara total dan ada yang sebagian saja.

Akan tetapi, bilamana mutasi nonsense ini mengakibatkan suatu protein yang tak dapat berfungsi, maka bisa menjadi protein tak fungsional. Alasannya ialah protein tersebut hanya berhasil sebagian saja sehingga peran yang harus dilakukannya tak dapat berjalan dengan sempurna. Akibat dari resiko inipun mampu menjadikan suatu penyakit seperti fibrosis kistik, dan yang lain.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Arti dari Mutasi Nonsense dan Contohnya

  1. Pingback: Perbedaan Antara Kromatin dan Kromosom | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *