Asal Mula Adanya Lele Sangkuriang

Asal Mula Adanya Lele Sangkuriang – Siapa yang belum mengenal lele Sangkuriang? Jenis lele yang dikenalkan pada tahun 2004 ini menjadi primadona peternak hingga saat ini. Tetapi, tahukah Anda jika lele ini masih memiliki jenis yang sama dengan lele dumbo? Banyak yang menyebutkan asal nama sangkuriang ini berasal dari legenda yang berada di Jawa Barat. Akan tetapi, penelitian membuktikan jika berasalnya lele sangkuriang ini tidak terlepas dari lele dumbo.

 a

Lele dumbo sendiri pertama kali di ekspor Taiwan di tahun 1985, lele dumbo berasal dari persilangan antara lele Taiwan yang bernama Clarias Fuscus dengan Afrika yang bernama Clarias Mozambicus. Dulunya lele dumbo ini sangatlah produktif sehingga banyak petani lele yang memilih mengembangbiakkan dumbo ini. Lele dumbo, mampu tumbuh dengan sangat cepat, ukurannya pun jauh lebih besar di bandingkan dengan lele lokal, bahkan ia juga lebih tahan dari penyakit. Semakin lama perkembangan lele dumbo pun semakin menduia

Namun keunggulan dari lele dumbo ini tidak bertahan begitu lama, karena semakin lama semakin pudar, kualitasnya pun juga terus menurun. Penurunan kualitas ini di tengarai karena pada saat pemijahan, benih lele yang di gunakan, menggunakan indukan yang kurang tepat sehingga dari hari ke hari benih yang tersebar di masyarakat mengalami penurunan kualitas. Tentu saja ini menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi para petani lele. Apalagi sudah banyak petai yang percaya dengan kualitas lele dumbo ini.

Akhirnya di tahun 2000, pemerintah melakukan sebuah penelitian, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dari lele dumbo. Cara yang dilakukan dengan menggunakan metode silang atau back cross. Ternyata hasil dari penelitian tersebut sangatlah baik, lele dumbo mampu di perbaiki kualitasnya. Kawin silang ini di lakukan dengan cara mengawinkan indukan dari generasi ke 2 dari lele dumbo dengan jantan lele dumbo F6. Perkawinan ini pun melalui tahap yang panjang. Pertama dengan mengawinkan betina F2 dengan jantan F2, dan diberi nama dumbo jantan F2-6. Lele ini kemudian dikawinkan dengan indukan F2, hingga menghasilkan lele sangkuriang.

Proses penelitian dari lele sangkuriang ini memang tidak memakan waktu yang sedikit. Baru 2 tahun kemudian benih lele barulah di perkenalkan yaitu di tahun 2004. Perbandingan antara lele dumbo dengan sangkuriang memang sangat mencolok. Contohnya seperti kemampuan bertelur yang mereka miliki.

Lele sangkuriang memiliki kemampuan bertelur 40.000 hingga 60.000, berbeda dengan lele dumbo 20.000 hingga 30.000, dari segi penetasan pun lele sangkuriang jauh lebih unggul. Lele sangkuriang memiliki derajat penetasan 90%, dan lele dumbo hanya 80%. Dari pertumbuhannya, lele sangkuriang bisa 3,53%, namun untuk dumbo 2.73%. Penanaman lele ini mengambil nama anak dari cerita sunda yang bernama Sangkuriang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *