Asal Mula Makanan Lezat Dari Meksiko Yang Digemari Oleh Turis Asing

Asal Mula Makanan Lezat Dari Meksiko Yang Digemari Oleh Turis Asing  – Tak hanya terkenal dengan sajian spesial bernama taco dan nacos, Meksiko memiliki banyak ragam makanan yang patut untuk anda nikmati selama berwisata kebeberapa objek wisata terkenal di Meksiko.

qw

Asal mula makanan khas Meksiko yang sangat digemari oleh turis asing ini adalah keragaman rempah-rempah yang digunakan buat mencampur bahan dasar makanan berupa daging, sayur atau roti sehingga menjadi sepiring masakan yang lezat di lidah si penikmatnya adalah menjadikan makanan ini banyak disukai oleh para turis mancanegara sejak dulu dan mampu bertahan hingga saat ini.

Menikmati Daging Panggang Cochinita Pibil Di Meksiko

Merujuk kepada pengertian bahasa, cochinita berarti bayi babi yang dimanfaatkan untuk membuat masakan jenis daging panggang, bagian yang sering digunakan adalah pinggang atau paha karena diketahui bahwa kandungan asam sangat tinggi pada bagian ini dan perlu waktu lama untuk memasaknya seperti mulai dari merendam daging mentah dalam bumbu untuk selanjutnya memanggangnya.

Resep asli dari daerah Yucatan ini biasa memakai jus dari seville atau jeruk pahit khas pulau Yucatan untuk bahan dasar memberi rasa asin pada masakan. Untuk mendapatkan rasa pahit, biasanya dikombinasikan dengan perasan kulit jeruk lemon, air jeruk limau atau beberapa tetesan cuka yang bagus buat menciptakan efek rasa pahit pada daging setelah dipanggang.

Bahan-bahan lain yang penting dalam mencampur resep asli pibil adalah achiote (annatto), mampu memberikan karakteristik warna cantik pada daging babi serta menambah rasa gurih dari sajian yang selesai dimasak.

Pibil biasanya dimakan bersama dengan bahan pendamping lainnya seperti tortila jagung, acar bawang merah, kacang hitam dan cabai habanero.

Secara tradisional, cochinita pibil dimasak dengan memakai tungku perapian tradisional yaitu daging babi yang sudah dibersihkan dibungkus dengan memaka daun pisang lalu dimasukan ke dalam lubang tungku api tradisional dalam tanah, dimana hasilnya adalah daging babi bertekstur lembut dan memiliki aroma wangi khas daun pisang.

Cochinita pibil sering juga dikenal dengan nama puerco pibil cochinita atau con achiote adalah sajian dari daging babi panggang yang dimasak cukup lama dan menjadi sangat populer dari semenanjung Yucatan, Meksiko.

Hidangan ini sempat menjadi populer karena kehadiran film “Once Upon a Time in Mexico” yang disutradarai oleh Robert Rodriguez.

Dalam film tersebut yang dbintangi oleh Johnny Depp berperan sebagai anggota CIA dan rekan kerjanya selalu memesan chocinata pibil disebuah restoran mewah di Meksiko.

Ternyata masakan ini selain rasanya enak dan lembut di lidah, juga kerap dijadikan sebagai menu favorit utama para bintang Hollywood selain Johnny Depp.

Baca Artikel Lainnya :

Sajian pendampingnya adalah hidangan lain seperti taco, carne asada, dan barbacoa. Beberapa referensi hotel yang bisa anda tempati selama berwisata di Meksiko agar dapat mencicipi sajian ini antara lain  Hotel Metropol, Suites Mi Casa Hotel, dan Apartamentos Hotel Avilla.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *