Asal Mula Muffin Khas Inggris Sebagai Kudapan Tea Afternoon

Asal Mula Muffin Khas Inggris Sebagai Kudapan Tea Afternoon – Muffin merupakan salah satu jenis makanan tradisional berupa cake yang berbentuk cantik.

Bahan dasarnya terbuat dari bahan adonan roti kalis yang diberi campuran sedikit bubuk ragi. Paling enak cake ini dinikmati saat musim dingin seperti di negara aslinya, Inggris dan disajikan bersama dengan secangkir minuman hangat seperti teh manis atau kopi pahit.

bungass

Dari sinilah asal mula kemunculan muffin sebagai cake favorit para bangsawan Inggris ketika mereka berkumpul bersama keluarga tercinta untuk menyambut perayaan Natal dan tahun baru ketika musim salju mulai turun dimana satu cake Muffin mampu memberi kehangatan pada tubuh si penikmatnya karena berasa manis dan campuran rempah-rempah sangat bangus buat menjaga kesehatan tubuh dari pengaruh buruk udara dingin di luar karena salju.

Muffin merupakan salah satu ragam kuliner berupa cake yang cukup populer dikalangan pecinta tea afternoon party dimana di negaranya, Inggris, muffin mudah dijumpai di kedai-kedai cake anda bakery dengan beragam variasinya yang menggugah selera makan si penikmatnya. Nah, apakah anda mengetahui bahwa kue ini sebenarnya berasal dari mana ?

Muffin berasal dari kata ‘moufflet’ merupakan suku kata dari bahasa Perancis kuno. Moufflet berarti tekstur sangat lembut, sesuai dengan jenis cake yang lainnya pada umumnya memiliki tekstur adonan yang kalis dan lebih lunak daripada roti biasa dari tepung gandum atau tepung terigu.

Kata ‘muffin’ diperkenalkan kepada masyarakat di Perancis pada awal abad ke-18. Sedangkan resep membuat cake ini mulai dikenal luas pada pertengahan abad tersebut adalah hasil karya dari koki keluarga bangsawan Inggris yang menetap di Perancis dimana belakangan hari terungkap bahwa muffin yang asli sebenarnya berasal dari Perancis.

Anda jangan merasa kebingungan membedakan antara muffin dan crumpets (kue tanpa pemanis dan memiliki bentuk seperti muffin).

Muffin digunakan untuk semua jenis cake yang mengacu pada produk-produk turunan berupa roti sedangkan crumpets mengarah pada kue basah jenis pancake.

Di Inggris, nama muffin belum diketahui jelas asal usulnya dari mana tapi ada kemungkinan mereka berasal dari kata low german muffe’ yang berarti kue-kue untuk sajian tea afternoon. Kata tersebut kemudian dipublikasikan di Inggris pada tahun 1703.

Pada abad ke-19, muffin semakin populer dan menjadi salah satu hidangan favorit para Lady Inggris saat mereka minum teh dalam acara keluarga dan handai taulan yang dikenal dengan nama afternoon tea. Muffin disajikan sebagai kudapan ringan pendamping teh hangat

Selanjutnya cake ini dikenal dengan nama ‘tea cakes’. Makanan yang diolah dengan cara menggunakan adonan ragi lalu dicampur dengan buah-buahan kering dan rempah-rempah khusus berupa bubuk kayu manis atau pala ini sangat nikmat jika anda santap saat musim dingin berlangsung.

Seperti era Ratu Victoria, muffin kerap dijajakan oleh penjual kue jalanan ke kompleks-kompleks perumahan warga Inggris di kota-kota besar dan menyebar hingga ke daerah pegunungan di desa.

Muffin diletakkan ke dalam baki makanan dari rotan yang di alas serbet berwarna putih atau dari kain kotak-kota lalu mereka taruh di dalam keranjang sepeda gayung untuk dibawa keliling kepada para pelanggan.

Sepeda para penjual tersebut dihiasi dengan bel tangan untuk memanggil atau memberi tanda kepada calon pelanggan agar segera keluar menyambut mereka.

Saat ini, jika anda berlibur ke Inggris, maka sempatkan buat merasakan lezatnya muffin asli buatan koki resto-resto mewah di sana atau mampirlah ke beberapa toko kue yang khusus menjual kue-kue jenis ini.

Kedai yang populer adalah Ben’s Cookies, Brownie Box dan The Muffin Man Tea Shop. Ben’s Cookies berlokasi di 12 Kensington Arcade, Kensington High Street, London.

Baca Artikel Lainnya :

Sedangkan Brownie Box terletak di 247 Old Brompton Road, Earls Court, London. Untuk mencari The Muffin Man Tea Shop yang ada di 12 Wrights Lane London, anda wajib membawa peta lokasi daerah setempat agar tidak mudah tersesat.

Demikian kami menginformasikan kepada para pembaca, semoga bermanfaat !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *