Asal Mula Pembuatan Roti dan Penyebarannya di Dunia

Asal Mula Pembuatan Roti dan Penyebarannya di Dunia – Siapa yang tak kenal roti? Roti merupakan salah satu makanan yang hampir setiap hati dikonsumsi oleh banyak orang. Roti memang dikenal lebih praktis untuk dikonsumsi dan tentu juga dapat membuat perut menjadi kenyang sehingga makanan ini juga sering dijadikan sebagai pengganjal perut saat merasa lapar.

Untitled

Roti biasanya sering dijadikan sebagai sarapan ataupun menjadi teman cemilan saat bersantai. Bentuk dan rasa roti yang semakin bervariasi menjadikannya tidak bosan untuk dikonsumsi meski dalam jumlah dan intensitas yang sering. Namun, sebenarnya bagaimana sejarah pembuatan roti tersebut hingga semakin populer saat ini ?

Asal mula pembuatan roti belum dapat dipastikan sejarah awalnya, hanya saja beberapa orang berpendapat bahwa roti sebenarnya merupakan makanan yang tidak sengaja dibuat. Pada jaman dahulu orang- orang biasanya mengkonsumsi gandum secara langsung namun karena gandum tersebut memiliki rasa yang keras, mereka mencoba menumbuknya agar menjadi halus dan ditambahkan air.

Namun, bahan- bahan tersebut seolah seperti adonan kemudian mereka mencoba membakarnya dan ternyata membentuk suatu gumpalan yang dapat dimakan. Saat itu, orang- orang belum menamakannya sebagai roti hanya makanan biasa.

Ada pula beberapa orang yang berpendapat bahwa roti pertama kali dibuat di Mesir, saat itu pembuatan roti masih dengan cara primitif dan tidak memiliki rasa yang enak dan empuk. Roti tersebut dibuat dari adonan tepung gandum bersama dengan air yang kemudian diinjak-injak dan dibakar dengan menggunakan tungku.

Pada jaman dahulu saat orang bekerja bukan dibayar dengan menggunakan uang melainkan dengan menggunakan roti terutama para budak yang bekerja keras. Makanan yang mereka dapatkan sebagai upah tersebut dianggap sebagai rezeki dan kata ‘roti’ dipakai untuk menggantikan kata ‘rezeki tersebut. oleh sebab itu di Negara Timur Tengah, roti dijadikan sebagai makanan pokok karena awal mula pembuatan roti berasal dari negara tersebut.

Seiring berkembangnya jaman, pembuatan roti mulai diperkenalkan dan dilakukan oleh banyak negara. Roti tersebut mulai dikenalkan sebagai makanan pokok untuk menggantikan nasi yang memang tanaman padi di negara-negara tersebut cenderung sulit untuk dibudidayakan sehingga mereka membudidayakan gandum dan membuatnya sebagai roti.

Hingga saat ini pembuatan roti terus berkembang menjadi lebih modern dan dengan percobaan penambahan rasa pada roti- roti tersebut agar menjadi lebih lezat dan memiliki tekstur yang sangat lembut.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *