Asal Mula Suara Nyamuk Menjadi Berdengung

Asal Mula Suara Nyamuk Menjadi Berdengung – Kamu tau hewan nyamuk kan? Ya serangga yang sering kali dianggap sebagai penggangu ini memang sangat membuat kesal banyak orang karena hewan tersebut kerap membuat aktivitas kita menjadi terhalang entah saat tidur maupun sedang aktif berkegiatan.

Untitled

Nyamuk tersebut dianggap menggangu karena dapat membuat gatal bila telah menggigit tubuh kita dan setelah itu membuat kulit kita menjadi timbul bulatan bulatan atau yang sering disebut juga sebagai bentol. Selain rasa gatal, nyamuk juga menggangu karena suaranya yang berdengung. Namun, tahukan kamu ternyata suara berdegung nyamuk memiliki cerita yang menjadikannya asal usul mengapa suara tersebut dapat terbentuk. Sebenarnya cerita asal mula nyamuk berdengung tersebut berasal dari cerita rakyat daerah Yogyakarta. Berikut kisahnya.

Pada jaman dahulu di kaki bukit yang ada di daerah Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta terdapat suatu desa terpencil yang memiliki kehidupan rukun dan damai. Warga di desa tersebut sehari- hari melakukan kegiatan bertani dan beternak untuk memenuhi kehidupannya.

Selain rukun dan damai, para warga juga saling hidup rukun dan membantu sesamanya. Namun, suatu ketika kehidupan desa yang tadinya aman mendadak berubah menjadi rusuh dan tidak aman akibat terusik oleh datangnya Ratu Nyamuk.

Ratu Nyamuk tersebut memiliki rupa yang sangat seram dan juga memilikikebiasaan yang sangat buruk. Ia akan memangsa hewan ternah para warga untuk kemudian dihisap darahnya karena memang makanan dari nyamuk tersebut adalah dengan menghisap darah.

Bahkan bila Ratu Nyamuk tersebut tidak mendapatkan hewan untuk dimangsa, ia dapat memangsa manusia untuk dihisap juga darahnya. Dengan keadaan yang seperti itu para warga desa menjadi merasa takut untuk keluar rumah sehingga tidak mampu menjalankan aktivitasnya sehari- hari.

Suatu ketika warga desa mulai kesal dengan keberadaan Ratu Nyamuk tersebut dan mereka mengadakan sebuah rapat untuk mencari solusi atau cara bagaimana cara mengusir Ratu Nyamuk tersebut. Para warga mencari kelemahan dari Ratu Nyamuk tersebut agar kekuatan yang ia miliki menjadi berkurang.

Salah seorang warga mengusulkan untuk mengambil subang yangt ada di dalam tubuhnya saat Ratu Nyamuk tersebut hendak bertelur dan yang dapat melakukannya adalah seorang dukun bayi yaitu Mbok Surti. Para warga dan kepala dusunpun setuju dengan usul salah seorang warganya termasuk Mbok Surti tersebut.

Tibalah sang Ratu Nyamuk untuk bertelur dan mendatangi kediaman Mbok Surti sang dukun bayi. Saat Mbok Surti membantu Ratu Nyamuk melahirkan, si Mbok meminta agar Subang sakti yang dimiliki oleh sang ratu dikeluarkan terlebih dahulu agar ia mudah untu bertelur. Tanpa merasa curiga Ratu Nyamuk tersebut menuruti perintah si Mbok.

Subang sakti itupun diletakkan dibawah jerami dan tanpa sepengetahuan Ratu Nyamuk Subang tersebut di bakar bersamaan dengan jerami tersebut. Ratu Nyamuk marah mengetahui hal tersebut dan berniat melawan Mbok Surti namun sang ratu sedang dalam keadaan lemah bahkan tidak mampu untuk terbang.

Baca Juga :

Ratu Nyamuk tersebut kemudian menetaskan telur- telur nyamuk dan saat telurnya menetas dan menjadi anak- anak nyamuk sang Ratu Nyamuk hendak berbicara kepada si Mbok untuk mengembalikan subangnya agar ia mampu kembali menjadi kuat. Namun, ratu Nyamuk tersebut kehilangan suaranya dan hanya bisa berdengung.

Si Mbok tidak memberikannya karena Ratu Nyamuk yang jahat terhadap para warga sehingga menganggu ketentraman desa. Ratu Nyamuk pun mati seketika dan sisalah para nyamuk kecil. Karena mendengar induknya hanya bisa berdengung, anak- anak nyamuk tersebut juga kemudian mengikutinya hingga sampai sekaranglah nyamuk hanya memiliki suara berdengung.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *