Asal – Usul Boneka Okiku Dari Jepang, Boneka Setan Yang Berambut Lurus

Boneka Okiku merupakan suvenir langka khas Jepang yang banyak diburu oleh penggemar koleksi boneka – boneka mahal dari berbagai penjuru dunia.

Dimana menurut penuturan warga Jepang asli bahwa pada jaman dulu boneka ini dianggap sebagai media pembawa sial dengan sederetan peristiwa –peristiwa seram melatarbelakangi cerita non logis dari si pembuat boneka di desa – desa terpencil di Jepang.

q 79

Bagaimana bisa benda mati ini bisa membawa malapetaka besar bagi orang – orang di sekitarnya ?

Hampir seperti boneka Jenglot di Indonesia, boneka Okiku ini menurut penuturan orang Jepang jaman dulu ( kakek nenek ) yang pernah melihat boneka ini pada waktu malam hari, tampak seram dengan segala cerita legenda yang menyertainya dan bersifat non logis.

Serta jauh dari nalar dan akal sehat manusia modern yaitu benda mati ini ternyata bisa menumbuhkan rambut lurus, hitam, panjang dan sangat indah secara terus menerus.

Seorang peneliti dari Jepang mengungkapkan bahwa menurut hasil uji forensik rambut yang ditumbuhkan pada sebuah boneka Okiku wanita dewasa ini sama persis dengan rambut pada anak – anak Jepang usia 10 tahun.

Asal – usul pemberian nama Okiku diambil dari seorang anak perempuan dari sebuah desa terpencil di Jepang yang suka bermain dengan boneka tradisional Jepang dari kayu dengan ukuran tinggi sekitar 40 sentimeter, berpakaian kimono dengan sepasang mata hitam seperti manik – manik yang sangat indah dan rambut yang lebat.

Tapi sayangnya gadis cilik tersebut meninggal dunia karena terserang demam. Pada saat pemakamannya, kedua orangtuanya ingin memasukkan boneka kesayangan Okiku ke dalam peti jenazahnya tapi karena kesibukan membuat mereka melupakan boneka tersebut di rumah sendirian.

Hari – hari selanjutnya kedua orangtua gadis tersebut menempatkan boneka kesayangan Okiku di altar ruang keluarga mereka dan sekaligus sebagai ruang untuk berdoa setiap hari dalam rangka memperingati seratus hari kematian Okiku.

Beberapa waktu kemudian, mereka terkejut karena melihat rambut mulai tumbuh dengan lebat di kepala boneka tersebut.

Menurut cerita tokoh spiritual agama Shinto di Jepang, kejadian langka dan ajaib tersebut merupakan roh dari gadis cilik Okiku yang berlindung di dalam tubuh boneka kesayangannya sebagai tanda bahwa gadis cilik itu sangat suka akan kehidupan.

Boneka Okiku pertama kali dikoleksi secara spiritual di kuil Mannenji di kota Iwamizawa, prefektur Hokkaido sejak tahun 1938. Awalnya, boneka ini dibeli tahun 1918 oleh seorang pecinta seni bernama Eikichi Suzuki di Sapporo.

Di sana ia melihat sebuah boneka cantik khas gadis Jepang dengan mengenakan kimono berwarna merah. Boneka ini khusus dibeli Eikichi untuk adiknya yang berusia 2 tahun dan kebetulan memiliki nama sama yaitu Okiku, adiknya sangat menyukai boneka ini dan setiap hari suka bermain dengannya.

Tahun 1938, keluarga Eikichi pindah ke desa Shakalin, adiknya tak lupa membawa serta boneka kesayangan Okiku ke rumah baru mereka.

Setelah Okiku tumbuh dewasa, ia menitipkan boneka kesayangannya di sebuah kuil kuno bernama Mannenji di Hokkaido.

Menurut pendeta yang bekerja di kuil tersebut menjelaskan bahwa boneka tradisional Jepang dari kayu yang pada awalnya memiliki rambut pendek, kini mempunyai rambut panjang sepunggung.

Dimana pendeta tersebut membenarkan kalau rambut boneka Okiku setiap tahun terus memanjang beberapa sentimeter, walaupun istri si pendeta rajin memotong rambutnya secara berkala, tapi rambut boneka ini tumbuh terus.

Cerita horor tersebut di atas telah menginspirasi berbagai macam film – film horor Jepang dan AS yang menjadi sangat populer di dunia anak – anak, salah satunya adalah film Haunted School.

Okiku, Boneka Berhantu Seram Dari Jepang

Sejak saat itu boneka Okiku dianggap sebagai boneka berhantu yang memiliki sederetan kisah – kisah yang menyeramkan terutama buat para turis asing yang berkunjung ke Jepang untuk berlibur atau mengenal lebih dekat tentang ajaran agama Shinto dan Okiku merupakan nama boneka yang dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai boneka berhantu.

Menurut penuturan pendeta pada beberapa kuil penangkal hantu di Jepang, beberapa orang tertentu memang benar pernah melihat boneka ini dengan tampilan agak menyeramkan apalagi jika diletakkan pada ruangan yang mendukung munculnya daya imajinasi seram dengan segala nuansa yang dirasa kurang masuk di akal.

Sejumlah cerita simpang siur mendukung gosip tersebut seperti pada malam – malam tertentu sering terdengar  suara anak – anak kecil dari ruang penyimpanan boneka.

Hingga saat ini boneka Okiku asli disimpan rapi di kuil Manneji dan jika turis asing ingin melihat bentuk asli dari boneka ini, anda bisa berkunjung ke kuil Manneji lalu menatap boneka itu secara langsung dan dekat.

Oleh pendeta Shinto, boneka Okiku yang berusia ratusan tahun kemudian dimasukkan ke dalam lemari kayu sederhana di altar kuil terutama di sebelah ruang doa.

Hingga saat ini, boneka Okiku merupakan salah satu boneka yang sangat populer di Jepang dan telah memunculkan beberapa versi cerita dan beberapa diantaranya berhasil diangkat ke layar kaca.

Kuil Menyeramkan Di Jepang

Pada umumnya, tempat – tempat ibadah berupa kuil di Jepang identik sebagai tempat suci yang berfungsi memberikan kedamaian bagi para umatnya yang berkunjung untuk beribadah, rupanya dibalik kemegahan bangunan kuil.

Baca Artikel Lainnya :

Banyak terselip berbagai kisah misterius dan kepercayaan warga Jepang asli terhadap kemujaraban beberapa kuil di negeri Sakura yang menyimpan banyak kisah menyeramkan. Kuil – kuil ini adal di wilayah Manneji.

Boneka Okiku tersebut di atas contohnya, ia tinggal di kuil Mannenji di kota Iwamizawa, Hokkaido, Jepang, sejak tahun 1938.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *