Asal Usul dan Sejarah Olahraga E-Sports

Asal Usul dan Sejarah Olahraga E-Sports – Mungkin bagi anda yang belum mengenal mengenai Esport akan merasa asing dan bertanya-tanya apasih Esport itu?

Dari namanya memang sudah dapat ditebak yaitu cabang olahraga elektronik. Esport di Indonesia juga telah didukung oleh IeSPA (Indonesia eSports Association).

laptop

Ada perbedaan antara atlet esport dengan atlit-atlit pada umumnya. Jika atlit pada umumnya mengutamakan fisik dan bertanding tatap muka,bila di Esport malah kebalikanya.

Atlitnya lebih mengutamakan skill strategi daripada fisik dan bertanding tanpa tatap muka secara langsung (sistem online).

Sejarah singkat,awalnya Esport merupakan turnamen local di Universitas Stanford yang diadakan pada 19 oktober 1972 untuk game Spacewars.

Hadiah tournament pada saat itu adalah gratis berlangganan Majalah Rolling Stone selama satu tahun. Sedangkan untuk tournament besar dipegang oleh game Space Invaders yang diadakan oleh Atari dan diikuti 10.000 pemain di Amerika Serikat.

Kemudian munculah Red Annehilnation yang dianggap sebagai cikal bakal Esport pertama karena diikuti oleh 2000 peserta. Beberapa minggu setelah kemunculan Red Annehilation, munculah Cyberathlet Professional League ditahun yang sama.

Setelah kemunculan CPL sebagai pionir esport,banyak muncul esport-esport lainya. Namun disayangkan,CPL tidak dapat bertahan lama walaupun telah berganti kepemilikan beberapa kali.

Dizaman yang era modern seperti sekarang ini rasanya tak lagi susah menemukan esport menarik di internet.

Berbeda dengan zaman dulu saat jaringan internet masih sangat langka dan jarang. Sekarang masyarakat dapat menikmata berbagai esport yang bertebaran di internet denan mudah. Tapi sangat disayangkan, pemain esport sekarang jumlahnya semakin menyusut dan sedikit peminatnya.

Hal tersebut terjadi akibat beberapa factor seperti dana dan sponsor yang kurang. Esport sendiri masih dianggap kurang popular di Indonesia.

Mungkin hanya beberapa orang yang tahu seluk beluk game saja yang paham dengan esport ini.

Baca Artikel Lainnya :

So,daripada kita menghabiskan waktu untuk ngegame tanpa tujuan yang jelas,lebih baik kita salurkan bakat game kita dengan esport karena bisa lebih bermanfaat dan sekaligus mempromosikan bahwa Indonesia punya gamers-gamers handal.

Itu tadi sedikit info mengenai esport. Semoga bermanfaat..

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *