Asal Usul dan Sejarah Terciptanya Bumi

Asal Usul dan Sejarah Terciptanya Bumi – Bumi adalah salah satu bagian dari planet tata surya, yang mana bumi ini menjadi tempat yang paling nyaman untuk dihuni para makhluk hidup. Hal ini tak terlepas akan adanya unsur-unsur yang aman dan menjadikan para makhluk hidup bisa tinggal di dalamnya.

Untitled

Di lihat dari kehidupan bumi yang lebih berbeda dari planet lainnya ini, menimbulkan beragam teori yang menyatakan akan adanya suatu bentuk dan proses yang membuat bumi terbentuk sedemikian itu. Salah satunya ialah teori kabut atau disebut dengan teori nebula.

Hipotesa nebula

Salah satu kisah yang menjadikan terciptanya bumi ini didasarkan oleh teori nebula. Yang mana hipotesa solar nebula ini suatu gas yang tersusun karena unsur helium dan hidrogen. Elemen tersebut meledak dan akhirnya ledakan yang ditimbulkan dipengaruhi akan adanya kontraksi dari gelombang supernova yang berada di dekatnya.

Kemudian gas nebula ini tersebar dan berputar-putar di sekitarnya. Namun karena ada gravitasi, pergerakan angular hingga inertia semua pergerakan tersebut menjadi merata dan terletak di satu titik yaitu di protoplanetary disk.

Dalam kata lain ialah bumi ini tercipta dari adanya alam semesta yang terdapat gas-gas tertentu dan berkumpul menjadi satu dalam jumlah yang tak sedikit. Dari gas-gas yang terkumpul itu menjadi kabut dan saling berinteraksi dengan tarik menarik. Kemudian kabut tersebut terus membesar dan semakin besar dalam rentang waktu yang tak lama.

Akibat dari proses ini, terdapat bagian yang terbuang dari kumpulan kabut tersebut, lalu menjadi deretan planet-planet yang dinamai tata surya. Dari proses tersebut, ternyata juga tak terlepas dari tahapan seperti berikut ini:

  • Matahari dan planet-planet di tata surya tersebut masih dalam bentuk kabut yang besar.
  • Kumpulan kabut berputar-putar dan semakin hebat, lalu di bagian tengahnya menjadi matahari dan sekelilingnya menjadi planet-planet kecil salah satunya adalah bumi yang dengan planet lainnya mengelilingi matahari.

Dari teori nebula inilah yang menyatakan bawa bumi tercipta dari kabut yang berkumpul dengan rentang waktu yang tak sebentar. Hingga suatu proses tersebut, bumi berada diantara planet-planet lainnya untuk mengitari matahari. Dalam artian bahwa matahari sebagai pusat dari planet-planet yang ada di tata surya itu. Namun bumi yang paling berbeda karena dapat dihuni oleh makhluk hidup.

Baca Artikel Lainnya :

Bumi yang lebih berbeda dari planet lainnya ini juga tak terlepas akan adanya komponen yang penting dan berpengaruh baik untuk kehidupan. Seperti adanya lapisan atmosfer yang tak dijumpai di planet lain. Dimana lapisan atmosfer bumi ini mempunyai kandungan yang berbeda-beda, seperti:

  • Lapisan yang pertama ialah helium dan hidrogen yang diperoleh dari solar nebula. Namun karena adanya panas bumi dan angin solar, komponen tersebut tak ditemukan lagi.
  • Lapisan atmosfer yang kedua ialah gas-gas dari bumi yang menguap, seperti karbondioksida, uap air, nitrogen, dan gas-gas lainnya yang berukuran kecil.
  • Lapisan atmosfer yang ketiga atmosfer yang muncul ketika suhu di bumi mulai dingin.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *