Asal Usul Dari Olahraga Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau yang disebut dengan olahraga badminton menjadi salah satu permainan sekaligus olahraga yang menarik. Dimana dalam permainan ini dapat diikuti oleh pihak pria dan wanita, bahkan olahraga ini pun diikutsertakan dalam seri olahraga level daerah, nasional hingga internasional. Tak sedikit pula kejuaraan yang diperoleh dari putra dan putri Indonesia dalam pertandingan badminton internasional.

f 11

Awal dikenalnya olahraga bulu tangkis

Sebenarnya, tak dapat diketahui secara pasti kapan olahraga ini dimulai, namun pada tahun 1800 ditemukan foto dari Tentara Inggris yang sedang memasang net untuk permainan tersebut. Permainan ini pun sangat mirip dengan ball badminton dari India selatan, kemudian mirip juga dengan permainan Hanetsuki di Jepang.

Meskipun begitu, di masa itu permainan ini dikenal dengan nama Poona karena dimainkan di kota bernama Poona. Permainan ini menggunakan sebuah bola dan bukan shuttlecock seperti yang sekarang ini. Hingga lambat laun bola yang digunakan pun diubah menjadi shuttlecock dan bukan bola dari kain wool.

Asal mula nama Badminton untuk permainan bulu tangkis

Olahraga bulu tangkis ini pun semakin terkenal dan familiar pula dengan nama badminton. Nama lain ini diperoleh dari nama tempat dimana permainan ini dilaksanakan. Tepatnya di Badminton house di Gloucestershie miliki Duke of Beaufort.

Nama badminton sebagai nama lain dari bulu tangkis ini pun semakin tenar dengan adanya Badminton Battledore Isaac Spratt yang merupakan sebuah Buklet di London. Kemudian disusul pula dengan sebuah majalah bernama Corhill Magazine dengan artikel berjudul Battledore and Shuttlecock. Nama itu pun terus tersebar dan dikenal hingga sekarang ini.

Aturan penting dari permainan bulu tangkis

Tak terlepas dari itu saja, pihak-pihak tertentu pun mulai mengusulkan perubahan aturan sebelumnya. Yang mana di tahun 1893 akhirnya ditetapkan sebuah aturan resmi dan benar-benar disetujui oleh banyak pihak. Aturan permainan itulah yang dapat Anda jumpai hingga sekarang ini.

Munculnya aturan-aturan tersebut pun tak terlepas akan adanya usulan dan usulan dari beberapa pihak yang semula tak banyak respond dan harus berganti beberapa kali akhirnya mendapati aturan yang benar-benar fix.

Pihak penting dari permainan bulu tangkis

Dalam mendukung dari permainan buku tangkis ini, peresmian dari aturan tersebut juga didukung dengan adanya pertandingan pertama yang mendunia. Tepat di tanggal 13 September 1893 kompetisi pun dimulai dan para pemenang akan mendapati hadiah.

Lalu di tahun 1934 ini pihak dari Federasi badminton dunia memulai dengan anggota baru yaitu negara dari Denmark, Inggris, Perancis, Belanda, Irlandia, Skotlandia, Kanada, Selandia baru dan Wales. Pihak-pihak tersebut adalah anggota baru yang terikat dalam federasi badminton internasional, kemudian disusul oleh India di tahun 1936.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *