Asal Usul Gempa Menurut Kepercayaan Kuno

Gempa merupakan fenomena alam yang terjadi ketika bumi meleapaskan energy dari dalam secara tiba-tiba sehingga membuat gelombang seismic yang menyebabkan bumi menjadi berguncang. Akan tetapi di beberapa kepercayaan, mempunyai persepsi lain tentang terjadinya gempa bumi. Apa sajakah itu ?

e 98

1. Legenda kura-kura, babi, sapi dan ular

Kepercayaan India mengatakan bahwa bumi itu diseimbangkan oleh beberapa hewan, seperti babi hutan, ular berkepala tujuh, sapi dan juga kura-kura. Semua hewan tersebut bertumpu diatas tempurung kura-kura. Dan jika hewan-hewan itu berpindah atau berganti posisi, maka saat itu terjadi gempa.

2. Legenda Loki

Legenda Loki berkembang di masyarakat Skandinavia. Menurut kepercayaan mereka, Loki adalah sosok dewa jahat yang suka membuat keonaran.

Ketika Loki membuat kejahatann atau keonaran seperti membunuh, maka Loki akan dihukum dengan dikurung di dalam goa bersama seekor ular yang sangat mematikan yang diletakkan di atas kepala Loki. Ular tersebut, mengeluarkan racun dari mulutnya dan jatuh menimpa wajah Loki yang akan membuat dewa tersebut berontak sehingga menggetarkan bumi.

3. Legenda lele raksasa

Dalam kepercayaan orang Jepang, mereka meyakini ada seekor lele raksasa yang sangat kuat yang bernama Namazu. Ketika lele itu bergerak maka bumi akan bergetar atau gempa.

Menurut kepercayaan mereka, lele tersebut telah disegel oleh dewa perang, Kashima di bawah permukaan bumi. Apabila segel yang terdapat pada lele raksaa itu rusak atau terbuka, maka Namazu akan berontak yang berarti akan menimbulkan gempa yang dahsyat.

4. Legenda dewa Ruaumoko

Masyarakat Selandia baru percaya bahwa bumi ini adalah bernama Papatuanuku, seorang dewa yang dikatakan sedang mengandung anaknya yang bernama dewa Ru. Ketika dewa Ru bergerak atau menendang-nendang  dalam kandungan ibunya, Papatuanuku, maka bumi akan bergerak atau terjadi gempa.

Baca Artikel Lainnya :

5. Bumi demam

Masyarakat Mozambik memiliki mitos yang sangat unik. Mereka percaya bahwa bumi itu adalah makhluk hidup seperti manusia. Bumi juga memiliki sifat sama seperti manusia yaitu bisa merasakan sakit. Ketika bumi sakit demam, maka bumi akan merasa meriang dan gemetar seperti manusia. Dan saat bumi gemetar maka terjadilah gempa.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *