Asal Usul Kerajaan Demak

Asal Usul Kerajaan DemakKerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Nusantara. Dari sinilah dakwah islam menyebar ke seantero bumiputra.

Hingga demam islam pun mewabah di kala itu. Apalagi setelah Samudra Pasai pun berikrar islam sebagai agama kerajaan, Kerajaan Hindu-Budha yang lain pun mengikuti jejaknya.

Untuk mengetahui sejarah kerajaan Demak yang lebih lengkap. Pada artikel berikut kami jabarkan sejarah Demak secara detail.

Nalarnya kami buat secara runtut sehingga penggalan histori bisa ditangkap dengan mudah. Silakan disimak pasti bermanfaat.

Asal Mula Munculnya Islam

Islam di Demak muncul atas inisiatif para pendakwah (mubalig) yang terkenal dengan Wali Songo yang dimpin oleh Sunan Ampel. Karena beliau membutuhkan domisili untuk berdakwah, maka dibangunlah pesantren dan pemukiman di tengah-tengah kota Demak.

Pada suatu hari, Sunan Ampel mengutus muridnya Raden Fatah untuk membuka pesantren di desa Glagah Wangi.

Nah karena pesantren semakin pesat, bahkan desa Glagah Wangi disebut kota ilmu pengetahuan dan pusat perdagangan. Maka berdirilah kerajaan islam pertama disana yang disebut kerajaan Demak.

Di awal berdirinya, kerajaan Demak dipimpin oleh Raden Fatah.  Tepatnya pada tahun 1481 Masehi, bertepatan dengan runtuhnya kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Brawijaya. Keberhasilan Raden Fatah memisahkan Demak dari Majapahit juga akibat bantuan dari para Sunan (Wali Songo)

Peta Lokasi Kerajaan Demak

Demak merupakan kota kadipaten yang berada di bawah kekuasaan Majapahit. Dulunya kota tersebut dipanggil Glagah Wangi oleh masyarakat sekitar. Dan masih termasuk kadipaten Jepara sebelum Brawijaya bertahta di Majapahit. Uniknya, adipati Glagah Wangi merupakan adipati pertama yang memeluk agama islam.

Ketika Raden Fatah pergi ke Glagah Wangi, beliau menemukan sebuah lembah yang indah. Disana, Raden Fatah membangun pesantren  lalu diberi nama Bintoro Demak. Akhirnya Bintoro dijadikan ibu kota kerajaan Demak.  Yang didalamnya terdapat interaksi bisnis dan ilmu pengetahuan

Lokasi berdirinya kerajaan Demak belum didapat keterangan yang pasti. Namun dari berbagai versi yang muncul, Yang terkuat adalah kerajaan Demak terletak tepat di depan Masjid Demak Yang dipisahkan oleh sungai kecil ditengah-tengahnya.

Itulah Sejarah kerajaan Demak. Kerajaan islam pertama di Indonesia. Kerajaan yang berhasil meletakkan tonggak pertama Islam menjadi mayoritas di Indonesia.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *