Asal Usul Kudapan Khas Inggris : Scones, Sebagai Cemilan Favorit Kaum Wanita Bangsawan!

Asal Usul Kudapan Khas Inggris : Scones, Sebagai Cemilan Favorit Kaum Wanita Bangsawan! – Pertengahan bulan Juni setiap tahunnya merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan wisata Isle of Wight di Inggris, merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi dibagian selatan Inggris.

Rute yang bisa anda ambil termudah adalah dari kota London yang melewati kota kecil Portsmouth dimana anda menuju ke sana bisa dengan naik feri.

bungass

Perjalanan feri akan membutuhkan waktu yang sangat cepat, hanya 45 menit saja sudah tiba di pelabuhan Fishbourne.

Di Isle of Wight inilah pertama kalinya turis asing mengenal kudapan ringan bernama scones yang merupakan cake untuk sarapan pagi di hotel-hotel besar atau pelengkap cake untuk acara tea afternoon bagi keluarga bangsawan Eropa yang tinggal di daerah elit di kawasan bukit Isle of Wight dan menurut catatan sejarahnya.

Cake ini pertama kali diciptakan oleh sekelompok koki resto mewah yang ada di sepanjang pantai Isle of Wight khusus untuk menyambut turis asing yang kebetulan jalan-jalan ke pulau ini buat berlibur bersama dengan keluarga tercinta yang pastinya ingin mencicipi cemilan khas Inggris yang ketika itu sangat populer yaitu scones dan biasa disajikan dengan olesan clotted cream, selai stroberi, selai cokelat, teh hangat atau minuman kopi.

Di kota London banyak tersedia kafe-kafe gaul yang menjual makanan jenis cake dan termasuk salah satunya adalah scones yang memiliki cita rasa unik dan beda dengan scones dari luar Inggris seperti Perancis, Jepang dan Indonesia.

Cake ini terbuat dari tepung terigu dan berbentuk bulat kecil seperti roti khas sarapan pagi lainnya bagi warga Eropa.

Disajikan 2 jenis scones di seluruh dunia yang berisi kismis dan yang biasa atau tidak dicampur dengan kismis. Tekstur luarnya agak keras dan kasar namun bagian dalamnya sangat lembut, manis dan gurih.

Jika anda menyantap scones pada hotel-hotel berbintang di negeri asalnya Inggris, perlu mencermati tentang bagaimana cara makan scones yang benar sesuai dengan ethika, roti tersebut harus anda bagi atau iris menjadi 2.

Lalu dioles clotted cream dan bahan olesan lainnya yang langsung meleleh karena panas dari oven. Cocok sekali untuk udara Inggris yang rata-rata dingin dan sejuk di sepanjang tahun.

Clotted cream merupakan krim kental favorit yang dibuat dari susu sapi murni dan segar yang telah dipanaskan. Krim ini aslinya berasal dari daerah barat daya Inggris, Devon dan Cornwall.

Ketika anda akan menyantap scones memakai krim ini, maka biasakan lidah anda dengan rasa minyak dari mentega sebagai bahan tambahan membuat dan mengentalkan krim. Rasanya cukup ringan.

Selain umum memakai clotted cream untuk olesan scones, anda juga boleh memakai selai stroberi yang berasa sangat manis khas selai orang Inggris, carilah yang memakai kemasan cantik dengan label perusahaan selai terkemuka di kota London yaitu selai buah segar cap Bonne Mamart yang mengandung arti nenek tua (dalam bahasa Perancis).

Selai rumah produksi Bonne Mamart sejak dulu terkenal paling ahli dalam membuat selai untuk teman makan scones buat sarapan pagi anda atau kudapan ringan untuk tea afternoon.

Baca Artikel Lainnya :

Bagi anda yang belum pernah mencicipi scones asli ala wanita bangsawan di Inggris, jangan kuatir karena bisa membuatnya sendiri di rumah, caranya tidak begitu sulit dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja. Resepnya bisa anda kutip dari My Hidden Place di internet.

Demikian kami berbagi informasi, semoga bermanfaat !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *