Asal Usul Pizza Sebagai Sajian Favorit Orang Italia

Asal – Usul Pizza Sebagai Sajian Favorit Orang Italia – Ada banyak jenis makanan di dunia ini yang bisa dikategorikan sebagai makanan khas orang Italia.

Salah satu yang paling terkenal adalah pizza, merupakan kudapan multifungsi sejenis roti berbentuk bundar, pipih dan diolah dengan cara dipanggang atau dioven, dimana cara penyajiannya adalah dengan disiram saus tomat, saos sambal serta keju parut dengan makanan tambahan lainnya sebagai penyedap yang bisa anda pilih sesuka hati.

Untitled

Keju yang dipakai adalah dari jenis keju mozzarella atau keju pizza yang banyak dijual di Italia. Topping tambahan biasanya dari fillet ikan laut ala pizza Jepang atau daging seperti salami dan pepperoni, ham, bacon, dan sayur seperti paprika dan minyak zaitun atau olesan mentega, bawang bombay, jamur atau pizza manis seperti buah nanas, jeruk mandarin, stroberi, selai, susu dan yang lainnya untuk menambah gurih rasa pizza ketika anda santap dalam kondisi hangat.

Pizza telah dikenal orang sejak dulu oleh masyarakat Italia sebagai sarapan pagi atau menu makan siang dimana sejak pertama dibuat adalah memiliki bentuk lain dengan pizza yang anda kenal pada zaman sekarang.

Makanan ini asal mulanya berasal dari makanan untuk kelompok miskin di Eropa terutama Italia yang dibuat dengan memakai bahan – bahan sederhana dan mudah didapatkan di sekitar mereka seperti : adonan tepung terigu, mentega, garam dan ragi.

Pizza yang anda kenal sekarang adalah lahir sekitar tahun 1600 yang lalu dimana pada saat itu pizza disantap tanpa tambahan berupa saus tomat dan saos sambal di atasnya, hanya menyerupai roti putih biasa tapi diberi campuran daging, sayur atau buah – buahan segar saja.

Pada tahun 1800-an, pizza mulai dibuat dengan tambahan saus tomat dan saos sambal merupakan hasil kreasi dari para imigran Italia yang umumnya berasal dari Napoli ke New York, Amerika Serikat.

Pada periode yang sama di Napoli, Italia, muncul pizza yang ditaburi keju mozzarella. Seorang pembuat pizza, Raffaele Esposito dan istrinya berhasil menyiapkan sebuah adonan pizza spesial untuk dipersembahkan kepada Ratu Margherita Savoia, istri Kaisar Italia Umberto I.

Pizza tersebut dibuat atas permintaan langsung dari Yang Mulia setelah secara tak sengaja beliau mencicipi sepotong roti putih di sebuah kedai pada kompleks perumahan warga miskin di Napoli yang ternyata mampu menarik perhatian beliau karena rasanya sangat istimewa.

Selanjutnya, pizza semakin banyak memiliki penggemar hingga ke mancanegara dan oleh Kaisar Italia Umberto I, sajian ringan ini akhirnya diidentikkan sebagai simbol penghormatan terhadap bendera Italia : warna merah yaitu saus tomat, putih yaitu mozzarella dan hijau yaitu daun basil.

Dikarenakan Sang Ratu sangat suka dengan cita rasa pizza yang sederhana ini, maka ke masa depan, sajian ini dinamakan lengkap : Pizza Margherita.

Pizza asli asal Italia memiliki cita rasa sangat enak dan dengan mudah bisa anda jumpai di Pizzeria (yaitu kompleks pertokoan Pizza di Italia) dimana tiap porsi yang dijual adalah berdiameter kira – kira 30 cm atau lebih, tetapi adonannya lebih tipis dan garing.

Letak rahasia keenakan dari pizza Italia adalah dipanggang memakai oven tradisional dengan bara api dalam tungku – tungku tradisional yang unik, karena jika dipanggang dengan oven listrik maka akan membuat adonan pizza tipis akan menjadi keras.

Baca Artikel Lainnya :

Pizza modern biasa dimakan di restoran atau dibeli di pasar – pasar grosir atau supermarket pada banyak negara, atau pada kota – kota sibuk metropolitan di mancanegara, pizza bisa dipesan melalui telepon untuk diantar ke alamat yang dimaksud dan akhir – akhir ini banyak dipopulerkan melalui web untuk diantar dalam kondisi panas dan siap untuk disantap oleh si pelanggan.

Demikian kami menginformasikan, semoga bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *