Asal Usul Terbentuknya Danau Toba

Asal Usul Terbentuknya Danau Toba – Danau toba adalah satu danau yang terletak di provinsi Sumatra Utara. Danau ini menjadi salah satu danu terbesar yang ada di Indonesia. Panjang danu ini dapat mencapai hingga 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer.

1

Danau Toba ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang banyak menarik perhatian para wisatawan karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Namun, tahukah kamu ternmyata dibalik keindahan danau Toba tersebut terdapat sebuah kisah yang dihubungkan dengan cerita rakyat nusantara dan karena saking terkenalnya kisah tersebut menjadi alasan para wisatawan untuk berkunjung ke danau Toba selain menikmati keindahannya.

Pada jaman dahulu di daerah Sumatra Utara terdapat seorang pemuda yang bernama Toba dan hidup dalam kesederhanaan. Pemuda tersebut hidup seorang sendiri di dalam sebuah gubuk bamboo. Sehari- hari pemuda tersebut menggantungkan hidupanya untuk makan dan minum dari hasil panen pertanian yang ia tanam, memancing ikan, dan memanfaatkan sungai yang mengalir tidak jauh dari tempat ia tinggal untuk berbagai keperluan lainnya.

Suatu hari saat ia ingin mencari ikan untuk dimasak dan dimakannya, pemuda tersebut memancing di sungai dengan umpan yang seadanya. Mungkin karena masyarakat disekitar rumahnya juga memanfaatkan sungai yang sama untuk memancing ikan menjadikan pemuda tersebut kesulitan untuk mendapatkan ikan pancingannya. Namun, pemuda tersebut tetap sabar memancing dan menunggu dengan harapan aka nada ikan yang dapat ia bawa pulang dan ia makan.

Beberapa saat kemudian, umpan pancingan pemuda tersebut seperti ada yang menariknya. Sang pemuda segera menarik pancingannya dengan harapan ikan yang ia dapatkan kali ini adalah ikan yang sangat besar. Setelah umpan pancingannya terus ditarik ternyata ia benar mendapatkan seekor ikan mas. Karena didera rasa lelah dan lapar pemuda tersebut bergegas membawa ikan mas untuk dibawa pulang dan kemudian memasaknya.

Sesampainya di rumah, sang pemuda menyiapkan kayu bakar dan meninggalkan ikan hasil tangkapannya di dalam keranjang. Saat akan dimasak, ikan tersebut mengeluarkan suara seperti ucapan larangan untuk memasaknya. Tak lama kemudian ikan mas tersebut berubah wujud menjadi wanita cantik dan membuat sang pemuda sangat amat terkejut. Gadis cantik tersebut memohon kepada pemuda untuk tidak memasaknya dengan imbalan akan mengabulkan segala permintaan sang pemuda. Sang pemudapun tidak memasak ikan mas namun juga tidak meminta imbalan apapun dari gadis jelmaan ikan mas tersebut.

Gadis ikan mas banyak membatu pekerjaan rumah sang pemuda dan lama-kelamaan mereka berdua saling tertarik dan jatuh cinta hingga akhirnya memutuskan untuk menikah. Didalam pernikahahan keduanya, sang gadis memberi syarat kepada pemuda agar tidak menceritakan asal- usul dari gadis tersebut berasal. Pemuda tersebut menyetujui syarat sang gadis lalu mereka menikah dan dikaruniai seorang putra bernama samosir.

Ketika Samosir beranjak remaja, samosir rajin membantu ayahnya untu mencari makanan di lading dan sungai. Suatu ketika putrid ikan mas sedang merasa tidak enak badan dan menyuruh samosir untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya yang sedang di lading. Samosir menuruti perintah ibunya namun karena ia merasa lapar, samosir memakan bekal yang dititipkan ibu untuk ayahnya. Ketika sampai di lading sang ayah menanyakan bekal dan ketika mengetahui bahwa bekalnya telah habis dimakan Samosir sang ayahpun sangatlah marah.

Saking marah dan kesalnya sang ayah mengucapkan larangan dari istrinya dan menyebutkan bahwa Samosir adalah anak ikan. Tiba- tiba dari ucapan pria tersebut munculnya petir dan hujan yang sangat deras. Pria tersebut baru teringat dan menyadari bahwa ia telah melanggar syarat yang diberikan istrinya dahulu. Sang pria langsung membawa Samosir untuk menemui istrinya namun sang istri tidak mau memaafkannya dan pergi meninggalkan mereka berdua untu kembali ke sungai.

Badai hujanpun semakin membesar dan mendatangkan banjir. Samosir dan ayahnya pergi lari menghindari datangnya banjir. Namun, air bah yang besar datang dan menutupi semua isi kampung tersebut begitupula dengan sang ayah yang ikut tenggelam bersama air banjir. Untunglah Samosir segera berlari keatas bukit dan naik keatas pohon atas perintah ibunya sebelum ibunya pergi kembali ke sungai. Akhirnya kampung yang tertutupi banjir tersebut menjadi danau yang diberi nama danau Toba dan konon pulau kecil yang muncul di tengah danau Toba tersebut adalah jelmaan dari Samosir.

Baca Juga : Asal Usul Terbentuknya Danau Telaga Warna

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *