Aspek Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Rencana Tata Ruang

Aspek Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Rencana Tata Ruang – Pertumbuhan penduduk yang terus-terus meningkat dikarenakan semakin tinggi data tarik kota tersebut, terutama apabila dilihat dari sektor ekonomi.

Hal ini tentu saja meningkatkan akan tata ruang dan perencanaan kota, untuk fasilitas perumahan, ruang terbuka hijau, aktifitas perdagangan, jasa, dan lain sebagainya.

Hal ini yang menyebabkan persaingan pemanfaatan ruang, apalagi di kawasan yang memang sudah berkembang, persaingan akan lebih semakin ketat.

pe

Ruang adalah sebuah wadah yang meliputi ruang darat, laut maupun udara. Termasuk ruang di dalam bumi sebagai salah satu kesatuan dari wilayah tersebut.

Karena bumi merupakan tempat makhluk hidup untuk hidup, tempat melangsungkan berbagai macam kegiatan. Ruang sendiri adalah sebuah habitat dari makhluk yang mendiaminya. Sedangkan wilayah adalah ruang yang merupakan sebuah kesatuan serta unsur terkait yang ditentukan berdasar pada aspek administrative.

Wilayah administrative sendiri adalah wilayah pemerintahan. Tata ruang adalah sebuah wujud pola ruang ataupun struktur ruang. Ruang terdapat 2 gambaran yaitu bila dari wujud structural ruang serta alokasi.

Perencanaan tata ruang sendiri adalah proses untuk menentukan sebuah struktur ruang ataupun pola yang meliputi berbagai penyusunan atau penataan ruang. Aspek-aspek pelestarian lingkungan hidup dalam rencana tata ruang adalah:

1. Kondisi fisik wilayah yang rentan akan bencana, jadi rencana tata ruang sendiri harus melihat sampai ke jangka panjang.
2. Melihat potensi-potensi sumber daya alam, sumber daya buatan, maupun sumber daya manusia itu sendiri. Semuanya harus berjalan secara berkesinambungan jangan sampai sumber daya manusia atau manusianya sendiri malah memperburuk keadaan lingkungan maupun sumber daya. Apa lagi sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memperbaharui.

Perencanaan tata ruang adalah strategi ataupun arahan yang bijaksana, agar apabila dilakukannya pembangunan berkelanjutan lingkungan hidup tidak mengalami perubahan yang mencolok.

Di takut kan bila tata ruang hanya di gunakan untuk keuntungan pribadi dan bukan untuk jangka panjang, akan muncul berbagai macam masalah di kemudian harinya. Tentu saja kita tidak menginginkan hal itu, maka perlu rasanya untuk memperhatikannya.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *