Atasi Ketombe Dengan Cara Mudah

Sel – sel kulit kepala yang telah mati akan mengalami pengelupasan dan pengelupasan yang belebihan ini dinamakan dengan istilah ketombe. Ketombe adalah salah satu jenis organisme namun termasuk ke dalam sel – sel kulit kepala yang telah mengelupas dan menumpuk di kepala sedangkan organisme lainnya berupa kutu rambut.

i 47

Ketombe mungkin merupakan hal yang sangat menggangu penampilan seseorang di depan umum maupun mengganggu aktifitas mereka, jika kondisi buruk tersebut dibiarkan begitu saja maka dapat merusak kesehatan kulit kepala dan rambut, maka dari itu anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan cara alami seperti tersebut d bawah ini :

1. Menghilangkan ketombe dengan daun pandan.

Cara melakukannya adalah : menyiapkan sekitar 7 atau 5 helai daun pandan, kemudian mencuci daun tersebut mengunakan air dingin sampai daun benar – benar bersih dna segar.

Langkah selanjutnya adalah menumbuk atau menghaluskan daun pandan dan masukkan ke dalam wadah, memerasnya dan mengambil air perasannya.

Mengusapkan air perasan tadi ke bagian rambut anda yang sebelumnya sudah dicuci, mengusapkan air daun pandan secara merata pada seluruh helai rambut hingga keseluruhannya basah dan membiarkan rambut anda basah sekitar 30 menit. Langkah terakhir adalah membilas rambut anda dengan memakai air bersih yang dingin tanpa sampo.

2. Menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, nanas, dan santan.

Cara melakukannya adalah : menyiapkan buah jeruk nipis dan nanas secukupnya. Kemudian mengambil air perasan dari masing – masing buah sekitar 100 ml, dan mencampurkan kedua air perasan dengan 100 ml santan, lalu anda aduk hingga rata.

Campuran ini ampuh buat mengatasi ketombe, pengaplikasiannya seperti membasuh rambut. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda melakukan perawatan rambut ini 2 kali seminggu.

3. Menghilangkan ketombe dengan mengunakan daun kangkung.

Cara melakukannya adalah : dengan menyiapkan sekitar seikat daun kangkung tua kemudian merebus kangkung tersebut ke dalam 2 gelas air. Mendiamkan rebusan kangkung hingga tersisa hanya 1 gelas saja, kemudian dinginkan.

Langkah selanjutnya adalah mengusapkan air rebusan yang sudah dingin ke seluruh helai rambut. Tunggulah kira – kira 30 menitan kemudian bersihkan rambut anda dengan sampo yang cocok untuk kulit kepala anda.

4. Menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun.

Cara melakukannya adalah : menyiapkan minyak zaitun secukupnya dan mengoleskan ke seluruh helai rambut sambil disertai pijatan ringan pada kulit kepala anda. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk bersih kurang lebih satu jam. Selanjutnya keramaslah seperti biasa.

5. Menghilangkan ketombe dengan cuka.

Cara menggunakannya adalah : menyiapkan cuka dan air hangat dengan kosentari atau ukuran yang sama banyaknya. Aduk hingga rata kemudian oleskan campuran cuka dan air ke seluruh helai rambut anda.

Anda bisa melakukan cara ini sebelum tidur pada waktu malam hari, dan biarkan sampai semalaman. Esok pagi hari, keramaslah seperti biasa.

6. Menghilangkan ketombe dengan menggunakan daun lidah buaya.

Cara melakukannya adalah : mengambil 1 buah daun lidah buaya. Memisahkan kulit dengan daging lidah buaya lalu mengambil bagian dagingnya saja, kemudian anda tumbuk hingga benar – benar lembut.

Selanjutnya oleskan secara merata ke area rambut dan diamkan 15 menit. Langkah akhir adalah membasuh rambut anda dengan air dingin hingga bersih.

7. Menghilangkan ketombe dengan jus apel.

Cara melakukannya : menyiapkan sekitar 3 buah apel hijau lalu jus apel tersebut. Kemudian mencampurkan extrak apel atau jus dengan memakai air hangat seperlunya saja.

Langkah terakhir adalah menggunakan jus apel tadi untuk keramas dan mendiamkan rambut anda sekitar 15 menit, lalu membasuhnya dengan memakai air dingin dan sampo yang cocok dengan kulit kepala anda.

Pengelupasan ketombe dapat dikurangi, khususnya bagi mereka yang sedang mengalami masalah ketombe biasa (bukan kondisi yang sangat parah), dengan melakukan perawatan rambut yang tepat.

Pada kondisi tertentu, banyak dijumpai beberapa orang yang memiliki persepsi salah dalam perawatan rambut seperti jarang membasuh rambut mereka, dan berpikir bahwa beberapa jenis sampo bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering sehingga muncullah ketombe.

Sebenarnya, dengan mencuci rambut secara reguler akan membuat sel – sel kulit mati mudah terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat sebagai ketombe.

Sampo yang tepat akan membantu anda dalam mengembalikan tingkat keasaman kuilt kepala menjadi seimbang sekaligus memecah minyak dan mencegah sel – sel kulit mati bertumpuk lebih banyak hingga menjadi serpihan yang terlihat sebagai ketombe.

Baca Artikel Lainnya :

Namun yang sebenarnya, sampo tidak ditujukan secara khusus untuk pengobatan, ataupun sampo yang bukan untuk pengobatan seborrhoeic dermatitis, tidak memiliki efek untuk mengobati kulit kepala yang teriritasi dan merah.

Pengobatan ketombe dapat anda lakukan dengan mencoba cara – cara seperti tersebut di atas dengan dukungan pengaplikasian sampo yang tepat. Semoga bermanfaat !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *