Awal Mula Lahirnya Batik Hingga Kepopulerannya

Indonesia terkenal karena memiliki beragam kebudayaan yang menjadi identitas bangsa, salah satunya adalah batik. Batik adalah pembuatan corak pada kain dengan menggunakan wax-resist dying. Motif atau corak yang diaplikasikan dapat beragam macam misalnya garis, titik, bunga, ukiran dan pengaplikasiannya dengan menggunakan canting atau dengan stempel. Jika pembuatannya dengan menggunakan canting, disebut dengan batik tulis dan jika menggunakan stempel perunggu disebut dengan batik cap.

fu 41

Masing-masing daerah yang ada di Indonesia memiliki corak tersendiri yang menampilkan kebudayaan dan ciri khas tempat tersebut. Pengerjaan batik juga memerlukan proses tergantung pada teknik pembuatannya. Batik Indonesia diakui dunia setelah terdaftar UNESCO pada Oktober 2009. Batik sendiri berasal dari bahasa Jawa dan terdapat 2 pendapat yaitu kata amba dan titik. Pendapat lain mengatakan, batik berasal dari bahasa Proto-Austronesia yaitu Becik yang artinya untuk menato.

Awalnya muncul di tahun 1880 berdasarkan pada Ensiklopedia Britanika dengan tulisan batik. Teknik wax resist dyeing sebenarnya adalah teknik seni kuno di Mesir abad ke-4 SM untuk membungkus mumi. Di Tiongkok, masa dinasti Tang (618-907), di India dan Jepang saat periode Nara (645-794), batik mulai diterapkan di Asia. Di Afrika, suku Yoruba, Nigeria dan suku Soninke serta suku Wolof, Sinegal, juga menggunakan teknik ini.

Batik paling berkembang di Jawa dan pembatikan dilakukan dengan katun, beeswax serta tumbuhan sebagai pewarna. Pertama kali di Indonesia saat abad ke-6 atau ke-7 karena G.P Rouffaer. Karena di setiap daerah yang ada di Indonesia termasuk di Flores, Halmahera dan Papua, arkeolog J.L.A Brandes dari Belanda dan F.A Sutjipto dari Indonesia percaya jika batik adalah bagian dari tradisi Indonesia.

Berdasarkan pada laporan Rouffaer, corak gringsing sudah ada di Kediri sejak abad ke-12 dan menggunakan canting. Pada baju di patung Prajnaparamita, Jawa Timur abad ke -13, telah menunjukkan corak mirip dengan motif dari batik jlamprang atau ceplik dengan gambar teratai yang merupakan tanaman suci agama Hindu-Budha. Dari corak tersebut, membuktikan jika canting telah ada abad ke-13 bahkan sebelumnya.

Karena Stamford Raffles (1817) pada History of Jawa, batik Indonesia mendunia. Batik diperkenalkan di belanja juga karena Van Rijckevorsel (1873) dari koleksi perjalanan ke Indonesia dan disimpan di museum Etnis, Rotterdam. Batik juga terkenal di Malaysia karena diperkenalkan pembatik dari Jawa (1920) dan kemudian memperkenalkan mengenai penggunaan cooper block dan wax di pantai timur.

Abad ke-19, batik dikenal di Afrika sedangkan 1970, batik dikenal di Australia dan membuat Erna Bella, artis aborigin, mengembangkannya. Industri batik berkembang sangat pesat pada akhir tahun 1800an-awal 1900an dan menurun ketika kependudukan Jepang pada masa penjajahan. Batik mulai diperkenalkan kembali dan berkembang pesat sehingga banyak digunakan untuk dunia fesyen dan tanggal 2 Oktober diberlakukan hari batik nasional.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *