Awal Mula Lahirnya Olahraga Sepak Bola di Dunia

Semua orang di dunia pasti tahu permainan sepak bola. Sepak bola berasal dari kata “sepak” yang artinya tendangan, dan “bola” yang artinya sebuah alat berbentuk bulat berbahan karet. Sehingga sepak bola dapat diartikan yaitu sebuah permainan olah raga yang dilakukan pemain dengan cara menendang bola dan memasukkannya ke gawang lawan. Permainannya terdiri dari 2 tim, dimana setiap tim terdiri dari 11 orang termasuk 1 orang penjaga gawang.

fu 108

Awal Mula Sepak Bola

Dibawah ini ada banyak sumber sejarah yang mengemukakan tentang awal mula adanya permainan sepak bola, diantaranya:

  • Permainan Episkyros yang menyebabkan seorang pemuda tewas akibat terkena tendangan bola.
  • Bukti kedua yang paling dapat dipertanggungjawabkan, yakni sepak bola dipelopori oleh permainan dari Tiongkok bernama Cuju. Di Korea dikenal dengan nama Chuk-guk, sedangkan di Jepang namanya Kemari. Dalam permainan ini, gawang atau tempat memasukkan bola berbentuk sebuah lubang kecil yang digantung setinggi 3 meter dari atas tanah. Aturan permainannya sama, bola kulit ditendang hingga masuk ke dalam lubang kecil tersebut.
  • Adapun referensi lain, seperti pada tahun 1956 di Greenland ditemukan permainan yang serupa dengan sepak bola. Tahun 1610 permainan Pahseman yang dimainkan oleh suku Amerika asli. Di Australia disebut Marn Grook, dan di Selandia Baru disebut Ki-o-rahi.
  • Mob football memulai babak baru permainan sepak bola di Inggris dan barulah namanya menjadi football pada abad ke-15 di Skotlandia yang sempat dilarang.
  • Di akhir abad ke-15 mulai muncul nama dribbling, dimana bola diguling-gulingkan menggunakan kaki. Catatan ini berasal dari permainan sepak bola Cawston.
  • Tahun 1486 dicatat oleh Juliana Berners dan tahun 1580 oleh Philip Sidney. Kemudian pada tahun 1584 dan 1602 dicatatlah istilah “gol” oleh John Norder dan Richard Carew.

Permainan Sepak Bola Modern

Di Vulgaria Inggris pada abad ke-16, seorang murid bernama Richard Mulcaster di sekolah Eton dan Winchester College tercatat sebagai pemain terbaik dalam sepak bola di posisi pelatih dan wasit. Dan sejarah sepak bola yang terkenal dengan permainan kasar serta tidak beraturan berhasil diubah. Sejarah ini dicatat pada tahun 1519 oleh kepala sekolah tersebut bernama William Herman.

Francis Wilughby membuat artikel tentang diagram gambar lapangan sepak bola termasuk gawang, trik, pemilihan pemain, skor, hingga aturan permainan dimana pemain dilarang menendang dan melukai pemain lawan.

Adapun menyusul peraturan adanya offside sekitar tahun 1810-1850. Offside adalah pemain yang berdiri saja diantara bola dan gawang akan dianggap keluar dari sisi mereka. Namun aturan offside ini masih belum seragam.

Sampai pada akhirnya dibentuklah sebuah federasi sepak bola dunia yang dinamakan FIFA pada tanggal 21 Mei 1904. FIFA didirikan di Rue Saint Honore 229, Paris yang bertujuan untuk mengatur segala urusan persepakbolaan di seluruh dunia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *